Pengertian Marketing Mix 4C – Marketing Mix 4C Adalah…

Pengertian Marketing Mix 4C - Marketing Mix 4C Adalah...
Sumber Ilustrasi Gambar: Freepik

Marketing Mix 4C adalah konsep marketing mix yang mengacu pada Customers, Cost, Convenience, dan Communication. Selama ini, kita mengenal ada marketing mix 4P yaitu price (harga), place (tempat), product (produk), dan promotion (promosi) atau juga marketing mix 7P yaitu price (harga), place (tempat), product (produk), promotion (promosi), people (manusia), process (proses), dan physical environment. Nah ternyata, ada juga marketing mix lainnya nih, yaitu marketing mix 4C di era sekarang ini – THE FUTURE OF MARKETING! Dunia semakin berkembang, demikian pula dengan dunia marketing dimana keilmuannya selalu ter – update. Yuk, kita bahas pengertian marketing mix 4C ini.

Pengertian Marketing Mix 4C

Yuk, langsung saja kita bahas. Marketing mix 4C adalah marketing mix concept yang terdiri dari:

Marketing Mix 4C

1. CUSTOMERS (KONSUMEN)

Marketing mix customers ini mengacu pada konsumen, dimana tidak lagi berfokus pada apa yang menjadi kebutuhan / keinginan pelanggaan, tetapi apa yang sebenarnya mereka harapkan. Dalam mengembangkan produk, dengan mengetahui apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka inginkan, kamu juga bisa melakukan riset produk apa sih yang mereka harapkan, kemudian kamu bisa menciptakan produk yang sebenarnya mereka ‘impikan’. Di sini, konsumen mendapat VALUE: IMEJ.

2. COST (BIAYA)

Di point ini, kamu bisa berfokus untuk memahami bagaimana sih kesediaan membayar konsumen mu untuk membeli produk mu. Ini lebih dari sekedar harga untuk mendapatkan produk, tapi konsumen juga mempertimbangkan biaya lain untuk membeli produk mu seperti biaya ongkos untuk membeli produk, biaya pengorbanan lebih untuk membeli produk, dan biaya – biaya lainnya. Di sini, konsumen mendapat VALUE: TERLIHAT PREMIUM.

3. CONVENIENCE (KENYAMANAN)

Ini berfokus pada kenyamanan konsumen, dimana konsumen bisa membeli produk mu dengan nyaman, dan menggunakan produk mu dengan nyaman tanpa effort yang besar. Produsen harus bisa menciptakan alur pembelian ataupun penggunaan produk yang nyaman untuk menciptakan customer experience yang nyaman juga. Di sini, konsumen mendapat VALUE: MENDAPAT PELAYANAN MAKSIMAL.

4. COMMUNCATION (KOMUNIKASI)

Marketing communication di era pemasaran ini banyak dilakukan dengan menciptakan engagement pada konsumen, bisa melalui digital marketing (sosial media, dll) dan media – media lainnya. Engagement ini diciptakan untuk membujuk dan mempengaruhi pelanggan.

Terima kasih telah membaca…

Kamu juga bisa mempelajari materi lainnya di link berikut ini (silakan di klik):

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply