4 Skill Wajib Kerja di Digital Marketing

4 Skill Wajib Kerja di Digital Marketing (Written by Thania Kusmalinda & Ariya Eka Alel) | Digital marketing bisa dikatakan menjadi salah satu skill yang paling dibutuhkan di dunia bisnis saat ini. Seorang digital marketer tidak lagi hanya sekedar bisa mengunggah foto produk di sosial media, melainkan juga bisa menerapkan strategi marketing yang brilian sehingga konten bisa mencapai tujuan pemasarannya secara tepat. Digital marketing juga tidak hanya bertugas melalui sosial media, melainkan juga di seluruh wilayah pemasaran online termasuk melalui website, surat elektronik hingga marketplace. Jika kamu tertarik bekerja di bidang digital marketing, maka terdapat empat skill wajib yang harus kamu miliki. Sebenarnya, ada banyak skill digital marketing lainnya yang perlu kamu miliki, namun sebagai gambaran besar kamu sudah bisa memasuki dunia marketing dengan empat skill utama ini saja. Apa saja skill tersebut? Yuk, simak pembahasan selengkapnya di dalam artikel berikut ini.

Skill Wajib Bekerja di Digital Marketing

1. Mengetahui Dasar-dasar Digital Marketing

Skill pertama yang diperlukan ketika kamu ingin bekerja di dunia digital marketing adalah mengetahui dasar-dasar pengetahuan digital marketing itu sendiri. Apa saja dasar-dasar digital marketing itu? Mulai dari mengetahui cara membuat dan mengoptimasi iklan, pembuatan konten hingga mengenal cara kerja SEO.

2. Mengetahui Faktor-faktor Penentu Keberhasilan Digital Marketing

Tidak hanya mengetahui dasar-dasarnya saja, seorang digital marketer juga perlu memahami apa saja faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran digital mulai dari SEO hingga tools optimasi lainnya.

3. Mempelajari Tools-Tools yang Dibutuhkan (Excel, Google Sheet, Google Keyword Planner, SEMRush, dan lain-lain)

Apa saja tools yang dibutuhkan oleh seorang digital marketer? Untuk menganalisa iklan atau data laporan pemasaran lainnya, biasanya kamu membutuhkan tools-tools seperti Microsoft Excel atau Google Sheet. Ada juga tools yang membantu operational digital marketing lainnya seperti Google Keyword Planner dan SEMRush untuk riset keyword SEO. Seorang digital marketer akan lebih baik lagi jika menguasai tools-tools yang diperlukan dalam pekerjaannya.

4. Memiliki Kemampuan Analytical Thinking Yang Baik

Kemampuan analytical thinking diperlukan untuk menganalisa data strategi mana yang harus diberhentikan dan yang mana yang perlu dilanjutkan. Termasuk untuk menganalisa performansi suatu konten dan strategi pembuatan konten kedepannya.

Nah, itu dia empat skill utama yang wajib kamu miliki ketika ingin menjadi seorang digital marketing. Dengan mengetahui dasar digital marketing, mengetahui faktor-faktor penentu keberhasilan digital marketing seperti SEO, mempelajari tools yang dibutuhkan dan memiliki kemampuan analytical thinking yang baik maka kamu sudah siap menjadi seorang digital marketer. 

Pelajari ilmu digital marketing di website www.thaniakhoedigital.com

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply