Cara Menentukan Budget Ads (Iklan Digital) | FB/IG, Tiktok, Google, dll

Cara Menentukan Budget Ads (Iklan Digital) – Written by Ariya Eka Alel & Thania Kusmalinda | Jika Anda adalah seorang pelaku bisnis, maka memasang iklan di sebuah platform online adalah salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan, mengingat betapa besarnya pengaruh platform online untuk brand awareness sebuah produk saat ini. Namun, menentukan besaran budget yang tepat dan efisien untuk mengiklankan produk Anda di platform tersebut adalah hal yang tak boleh Anda lewatkan.

Sudah bukan rahasia lagi, kalau biaya beriklan di sebuah platform digital itu sangat besar. Sehingga, sangat penting bagi Anda untuk membuat perencanaan yang matang agar apa yang Anda dapatkan dari campaign sebanding dengan biaya yang Anda keluarkan. Nah, dalam hal ini Anda perlu mempelajari cara menentukan budget ads yang tepat dan efektif sesuai dengan kondisi bisnis Anda. Bagaimana cara menentukan budget ads yang tepat? Silahkan simak panduan dasarnya berikut ini.

Panduan Dasar Cara Menentukan Budget Ads (Iklan Digital) di Berbagai Platform Ads (FB/IG, Tiktok, Google, dll)

Setiap platform ads biasanya memiliki masa learning phase selama 7 hari. Learning phase adalah periode dimana platform ads (FB, IG, Google, dll) mengumpulkan data iklan yang dijalankan, dan di dalam masa ini iklan masih dalam tahap pengujian dan optimasi

Jadi, di awal running ads kita belum bisa menetapkan budget ads secara ideal. Namun, di awal kita disarankan memasang budget sekitar Rp100.000 – Rp500.000 / hari. Satu campaignnya bisa Rp100.000 – Rp300.000-an. Kita amati selama 1 minggu.

Rata-rata ideal advertiser dapat menyimpulkan budget ideal ialah selama 1 bulan, dengan aktivitas:

– 1 minggu awal running ads
– 2 minggu selanjutnya melakukan berbagai testing
– 1 minggu terakhir collecting data
*ini tidak pasti dan masih fleksibel ya, setiap advertiser memiliki strategi atau timing yang berbeda-beda dalam melakukan pekerjaannya.

Setelah itu, begini Panduan Dasar (Basic) Cara Menentukan Budget Iklan:

Cost Per Aquisition Periode Sebelumnya X Target yang Ingin Dicapai = Budget Iklan

Misal Cost Per Purchase (pembelian): Rp5.000, ingin dapat target 1.000 pembelian di bulan berikutnya.

Berarti biaya iklan selama 1 bulan berikutnya:
Rp5.000 X 1.000 customer = Rp5.000.000

Contoh Lain:

Cost Per Aquisition Periode Sebelumnya X Target yang Ingin Dicapai = Budget Iklan

Misal Cost Per Lead: Rp2.000, ingin dapat target 1.000 leads di bulan berikutnya.

Berarti biaya iklan selama 1 bulan berikutnya:
Rp2.000 X 1.000 customer = Rp 2.000.000

Jelas, terkadang hitungan dan hasil tidak selalu akurat, namun kita bisa melakukan berbagai optimasi agar forecast budgeting kita tidak melenceng terlalu jauh. Setidaknya, bisa laaah 70-90% akurat… Hehe. :p

Dengan memahami beberapa cara menentukan budget ads di atas, maka Anda dapat mengoptimalkan pengeluaran bisnis Anda dalam memasang iklan. Dengan demikian, hasil yang Anda peroleh bisa sebanding dengan apa yang Anda bayarkan. 

Cara Menentukan Budget Ads (Iklan Digital) – Biaya FB/IG, Tiktok, Google, dll

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply