Tips Menentukan Strategi Bidding Google Ads & Optimasinya

Tips Menentukan Strategi Bidding Google Ads dan Optimasinya (Written by Celine Abigail B., Edited by Thania Kusmalinda) | Sebagai pebisnis, apakah kalian pernah melihat atau menggunakan jasa promosi berbayar secara online seperti Google Ads? Jika pernah, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah bidding. Tentunya strategi bidding juga merupakan salah satu hal terpenting jika kalian ingin membuat performa iklan kalian menjadi lebih efektif baik dari segi penayangan iklan maupun dari segi harga. Apa sih strategi bidding itu? Strategi bidding merupakan sebuah strategi yang mengirimkan sinyal pada algoritma Digital Ads dalam membelanjakan budget harian dari iklan yang dipasang oleh seorang advertiser. Sekarang mari kita bahas, apa saja sih teknik efektif dalam mengatur bidding Google Ads.

Sebelum kita mempelajari tips menentukan strategi bidding google ads dan bagaimana optimasinya, ketahui terlebih dahulu Jenis-Jenis Strategi Bidding Google Ads <—- Silakan Klik. Setelah teman-teman membaca jenis-jenis strategi bidding google ads, yuk kita masuk ke pembahasan Tips Menentukan Strategi Bidding Google Ads dan Tips Optimasinya.

Tips Menentukan Strategi Bidding Google Ads dan Optimasinya

1. Tips Memilih Strategi Bidding Google Ads Untuk Meningkatkan Traffic

Untuk meningkatkan traffic, pilih strategi bidding —> Maximize Clicks.

2. Untuk Meningkatkan Ranking Atau Posisi Iklan

Untuk meningkatkan ranking atau posisi iklan, pilih strategi bidding —> Target Impression Share.

3. Untuk Meningkatkan Konversi

Pilih strategi bidding —> Maximize Conversion atau Target ROAS (Target Return on Ad Spend).

4. Untuk Meningkatkan Revenue (Pendapatan/Sales)

Pilih strategi bidding —> Target ROAS (Target Return on Ad Spend)

5. Mengelola Banyak Campaign dengan Berbagai Macam Goals

Bisa menggunakan strategi bidding —> Portofolio Bid Strategy (pelajari portofolio bid strategy di sini)

Tips Optimasi Google Ads

1. Bisa menyesuaikan bid berdasarkan: Lokasi, Jadwal Tayang Ads, dan Device

Yang memiliki performa bagus bisa ditingkatkan bid nya, dan yang memiliki performa jelek bisa dikurangi bid nya. Bisa mulai dari sekitar 30%.

2. Kurangi bid mobile untuk “Web Not Responsive”

3. Tingkatkan bidding pada mobile untuk produk B2C (Business to Consumer), karena konsumen produk B2C banyak mencari produk di jam kosong dan kebanyakan dengan device mobile.

4. Kurangi bidding pada mobile untuk produk B2B (Business to Business), karena konsumen produk B2B banyak mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan di jam kerja dengan device laptop / PC.

Itu dia materi mengenai tips memilih strategi bidding google ads dan bagaimana tips optimasinya. Perlu diingat, jika kalian ingin berhasil dalam menyusun strategi periklanan yang efektif dan akurat demi mencapai peluang keberhasilan yang setinggi mungkin, kalian harus bisa memahami masing-masing dari strategi bidding di Google Ads. Pilihlah strategi yang paling cocok dengan tujuan dari iklan kalian, sehingga algoritma Google dapat menyesuaikan budget yang telah kalian tetapkan. Selamat belajar.

VIDEO: Tips Menentukan Strategi Bidding Google Ads dan Optimasinya

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply