7 Cara Optimasi Google Ads | Advanced Level – Ayo Ikuti!

Google
Sumber Gambar: google.co.id

Cara Optimasi Google Ads Untuk Tahapan Advanced Ke Expert —- Hi temen – temen digital marketers! Buat temen – temen digital marketers yang sudah menjalankan iklan di google ads [apa itu google ads], “biasa”nya akan kesulitan melakukan optimasi agar iklannya tersebut berjalan maksimal dan memiliki performa yang sangat baik. Bagaimana caranya? Nah, jika temen – temen belum tahu bagaimana cara membuat iklan di google ads, kalian bisa klik di sini caranya:

*Cara Membuat Iklan di Google Ads

Nah, jika temen – temen sudah tahu cara membuat iklan di google ads, kini kalian bisa mempelajari bagaimana cara optimasinya agar mencapai performa maksimum. Yuk, kita bedah satu – satu tips optimasi google ads agar mencapai performa maksimum.

Cara Optimasi Google Ads Agar Mencapai Performa Maksimum

Nah, dalam melakukan optimasi google ads, pertama – tama kalian harus tahu dulu inti dari struktur google ads itu sendiri. Yuk, kita bedah dulu.

1. SET STRATEGI BIDDING BUDGET (BIAYA) MENGGUNAKAN “TARGET IMPRESSION SHARE”

Ada banyak strategi bidding (penargetan biaya) dalam google ads, yaitu Conversion, Conversion Value, Other Optimiation Options, Clicks, Manual CPC, dan Impression Share. Jika kamu ingin menampilkan iklan google ads mu dalam ranking teratas, kamu bisa gunakan TARGET IMPRESSION SHARE. Apa tujuannya? Tujuan dari penggunaan strategi bidding ini ialah untuk mengungguli ranking iklan kompetitor – kompetitor mu.

Setelah itu, kamu juga bisa menentukan percentage impression share to target. Semakin tinggi kamu tentukan persentase nya, semakin tinggi pula peluang iklan mu mengungguli iklan – iklan kompetitor mu.

Nah, itulah salah satu strategi bidding biaya (budget) yang bisa kamu gunakan.

2. KETAHUI PERBEDAAN JENIS GOOGLE ADS EXPANDED TEXT AD DAN RESPONSIVE SEARCH AD

Dalam membuat ads, pasti temen – temen sudah tahu ada dua jenis ads, yaitu EXPANDED TEXT AD dan RESPONSIVE SEARCH AD. Apa sih, perbedaannya? Yuk bahas satu – satu.

>> EXPANDED TEXT AD, merupakan jenis ads yang “dibatasi”. Kamu hanya akan bisa memasukan beberapa kalimat HEADLINE dan DESCRIPTION saat membuat konten iklan. Konten yang muncul pun akan sesuai dengan konten yang kamu buat.

Cara Optimasi Google Ads

>> RESPONSIVE SEARCH AD, merupakan jenis ads yang “tidak dibatasi”. Kamu dapat membuat HEADLINE dan DESCRIPTION dengan lebih banyak variasi saat membuat konten. Konten yang muncul di mesin pencarian pengguna pun akan sesuai dengan apa yang mereka cari (menyesuaikan)

Tips Optimasi Google Ads

3. PAHAMI PERBEDAAN JENIS CAMPAIGN STANDARD DAN DYNAMIC

Dalam membuat campaign iklan google ads, pasti temen – temen memilih antara jenis STANDARD dan DYNAMIC. Nah, kalian harus paham apa perbedaan dari STANDARD dan DYNAMIC ini.

>> STANDARD, yaitu jenis campaign google ads “standard” saja yang cocok untuk UKM, dan cocok digunakan untuk skala kecil sampai menengah

>> DYNAMIC, yaitu jenis campaign google ads yang lebih dinamis, lebih fleksibel untuk mengikuti search engine google, sehingga cocok diterapkan untuk perusahaan besar dengan berbagai macam produk yang banyak sekali

4. OPTIMASI KONTEN PADA GOOGLE ADS

Nah, sekarang kita optimasi bagian konten pada struktur google ads yang kamu buat. Kamu bisa lihat pada bagian HEADLINE:

Tips Optimasi Google Ads

Di bagian HEADLINE, ISI SEMUA BARIS HEADLINE SAMPAI PENUH sebanyak – banyaknya.

Kemudian, di bagian DESCRIPTION, ISI JUGA SEMUA BARIS DESCRIPTION SEBANYAK – BANYAKNYA SAMPAI PENUH.

Tips Optimasi Google Ads

Isi semua sampai penuh, bahkan jika masih ada opsi pilihan ADD HEADLINE (untuk menambah headline) atau ADD DESCRIPTION (untuk menambah description), TERUS SAJA TAMBAHKAN sampai penuh. Dengan begitu, iklan mu akan semakin teroptimasi.

Tips Optimasi Google Ads

Isi terus bagian HEADLINE dan DESCRIPTION tersebut sampai penuh, sambil memperhatikan AD STRENGTH. Penuhi semuanya, sampai AD STRENGTH kamu memiliki tanda ceklis hijau semua. Tanda yang semakin hijau dan warna hijau nya semakin penuh, itu menunjukkan performa ads mu menjadi lebih baik sehingga optimasi nya akan menjadi lebih maksimum, sehingga hasil dari ads nya pun menjadi lebih memuaskan.

Tips Optimasi Google Ads

5. PIN HEADLINE YANG AKAN MENJADI HEADLINE UTAMA KAMU

Kamu bisa mem – pin headline yang ingin kamu jadikan sebagai headline utama. Kamu bisa klik tombol pin pada bagian ini (yang diberi tanda kotak merah) saat membuat headline:

Dengan begitu, headline yang kamu pin akan menjadi HEADLINE DALAM KALIMAT PERTAMA saat iklan google ads mu muncul di pencarian pengguna.

6. GUNAKAN KEYWORD INSERTION SAAT MEMBUAT HEADLINE GOOGLE ADS

Kamu bisa menggunakan keyword insertion saat membuat headline google ads. Keyword insertion ini bisa kamu awali dengan tanda kurung kurawal, kemudian masukkan keyword yang ingin kamu “utamakan”, kemudian APPLY

Misalnya, kamu memasukkan keyword “Belajar Digital Marketing”, maka hasilnya itu akan menyesuaikan dengan keyword apa yang mereka ketik di mesin pencarian. Jika keyword yang mereka ketik di mesin pencarian tidak ada yang cocok / match dengan keyword yang kamu masukkan, maka hasilnya akan muncul sesuai dengan keyword yang kamu jadikan keyword insertion.

7. MAKSIMALKAN FITUR “COUNT DOWN” SAAT MEMBUAT HEADLINE

Kamu bisa memanfaatkan fitur COUNT DOWN saat membuat headline, yaitu hitung mundur dimana kamu bisa menggunakan fitur ini untuk promo – promo tertentu.

Fitur COUNT DOWN ini akan tertampil seperti ini di headline jika kamu menggunakannya.

Nah, sehingga fitur ini cocok kamu gunakan untuk promo – promo atau informasi yang memiliki tenggat waktu tertentu.

Nahhh, itu dia tips – tips optimasi google ads yang bisa kamu terapkan. Seluruh tips yang telah dijabarkan tadi bisa kamu terapkan setelah kamu membuat iklan di google ads (setelah iklan google ads sudah berjalan). Ada beberapa hal yang harus kamu pahami mengapa membuat iklan di google ads itu penting:

>> Banyak orang melakukan pencarian terkait produk / barang / layanan yang mereka butuhkan dengan melakukan pencarian di search engine google

>> Google menjadi search engine paling favorit yang sangat disukai orang – orang. Tampilannya sangat user friendly dan mudah digunakan

>> Orang – orang melakukan pencarian di google berdasarkan keyword / kata – kata apa yang mereka cari. Sehingga jika kamu membuat iklan di google ads, memiliki potensi yang sangat besar untuk menyasar calon – calon konsumen yang potensial / tertarget dengan cukup baik

Selain hal – hal di atas, beberapa adalah tips tambahan untuk optimasi iklan google ads kamu:

>> TINGKATKAN AD RELEVANCE

Ad revelance ada pada bagian KEYWORD, dimana berarti keyword – keyword yang kamu masukkan apakah sudah sesuai atau belum dengan konten iklan yang kamu iklan – kan. Semakin tinggi, semakin baik optimasi nya dan iklan mu pun akan memiliki performa yang makin tinggi. Cara meningkatkannya adalah, pastikan keyword yang kamu masukkan ke google ads telah sesuai dengan konten – konten yang ada di website kamu atau landing page yang kamu iklan – kan.

Tips Optimasi Google Ads

>> TINGKATKAN OPTIMASI PADA BAGIAN RECOMENDATION UNTUK MENINGKATKAN OPTIMIZATION SCORE

Lalu, kamu bisa tingkatkan optimasi pada bagian RECOMMENDATION ini agar optimization score iklan google ads kamu meningkat. Pertama – tama, kamu pergi ke bagian RECOMMENDATION ini.

Tips Optimasi Google Ads

Akan tertampil suggestion – suggestion yang bisa kamu tingkatkan agar optimasi ads mu semakin meningkat. Kamu bisa apply / menerapkan suggestion – suggestion dari google tersebut dengan klik tombol APPLY pada setiap bagian suggestion yang tersedia (lihat yang diberi tanda kotak merah)

Tips Optimasi Google Ads

Namun ingat, kamu perlu mem – filter terlebih dahulu. Mana suggestion yang kamu perlu tingkatkan, maka tingkatkan lah. Jika suggestion tersebut kamu rasa tidak perlu, maka tidak perlu kamu apply. Lakukan apa yang kamu pikir kamu butuhkan untuk iklan google ads mu.

Nah, itu dia tips – tips cara optimasi google ads untuk level advanced ke expert yang bisa kamu terapkan. Goodluck!

Kamu juga bisa belajar:

*Tools – tools untuk optimasi ads (Google Ads, Facebook / Instagram Ads, Dan Lain – Lain)

*Jenis – jenis keyword yang ada pada google ads

*Apa itu Negative Keyword di google ads dan bagaimana cara menambahkannya

*Cara Memasang Google Ads Conversion Tracking Dengan Google Tag Manager

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply