Cara Membaca Laporan Google Search Console Untuk Analisis SEO

Cara Membaca Laporan Google Search Console Untuk Analisis SEO (Written by Thania Kusmalinda & Ariya Eka Alel) | Istilah Google Search Console (GSC) mungkin bukan lagi istilah asing bagi para pengelola situs website. Ya, Google Search Console merupakan fitur gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu pemilik website dalam memonitor performa dan traffic situsnya. Tools yang dulunya bernama Google Webmaster Tools ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada website.

Google Search Console memiliki fitur yang cukup lengkap seperti Performa SEO website kita, Inspeksi URL, Index, Pengaman Halaman Website dan Keamanan Website (Security), serta dilengkapi dengan sejumlah data penting seperti jumlah tayang (impression), total klik, CTR atau Click Through Rate, posisi website kita, dan masih banyak lagi data lainnya. Yang jelas, tools Google Search Console ini memiliki segudang manfaat bagi pemilik website yang ingin memaksimalkan performa website mereka.

Lalu, bagaimana cara membaca laporan Google Search Console yang ada di website Anda, sebagai ‘bahan dasar’ data untuk memaksimalkan performa website Anda nantinya? Temukan cara membaca laporan Google Search Console pada pembahasan berikut ini.

Cara Membaca Laporan Google Search Console Untuk Analisis SEO

1. Pertama-tama, pastikan kita sudah meng-install Google Search Console pada website kita. (simak cara mendaftarkan Website ke Google Search Console, contoh dengan website berbasis WordPress)

2. Pergi ke bagian Overview, lalu klik Full report

1 cara membaca laporan google search console untuk SEO

 3. Akan tertampil laporan Google Search Console seperti ini. Yuk kita bedah satu-satu. Pertama ada Total clicks, yaitu total yang klik website kita dari hasil pencarian Google

2 cara membaca laporan google search console untuk SEO

4. Kemudian ada Total impressions, yaitu yang melihat website kita dari hasil pencarian Google, tapi tidak sampai klik

3 cara membaca laporan google search console untuk SEO

Seperti inilah data yang didapat pada Total impression, hanya lihat website kita dari hasil pencarian Google, tapi tidak sampai klik:

4 cara membaca laporan google search console untuk SEO

5. Average CTR (Click Through Rate), yaitu rata-rata rasio berapa yang klik website dibandingkan dengan total impression. Cara menghitungnya ialah Total Clicks : Total Impressions = average CTR. CTR ini semakin tinggi artinya semakin baik, berarti ranking/posisi website kita di halaman pencarian Google meningkat. karena terjangkau oleh mata user di hasil pencarian sehingga mereka terdorong untuk klik ke website kita.

5 cara membaca laporan google search console untuk SEO

Semakin turun artinya semakin buruk, berarti ranking website kita menurun. CTR berkurang karena ranking website di hasil pencarian Google rendah, sehingga tidak terjangkau oleh mata user dan akhirnya tidak terlihat dan tidak di klik.

6. Average position ialah rata-rata posisi/ranking di hasil pencarian Google. Semakin tinggi semakin baik dan berimbas pada peningkatan CTR. Semakin rendah, semakin buruk karena posisi/ranking pada hasil pencarian di Google menurun

6 cara membaca laporan google search console untuk SEO

7. Bisa setting periode waktunya, ingin dari kapan sampai kapan di bagian ini

7 cara membaca laporan google search console untuk SEO

8. Kemudian di bagian Pages, juga akan ada info mengenai halaman-halaman yang tidak terindex, dan halaman-halaman yang telah terindex

Jika di scroll ke bawah, Google Search Console akan memberi info mengapa halaman kita ada yang tidak ter-index oleh Google.

9. Di bagian Video pages juga, Google Search Console akan memberi info mengapa ada beberapa video di website kita yang tidak ter-index oleh Google.

10. Kemudian, bisa ke bagian Performance lalu klik Search result. Di bagian Queries, akan tertampil keyword/queries apa yang mendatangkan banyak traffic ke website. Bisa di sortir mulai dari clicks dan impressions yang paling tinggi/paling rendah.

8 cara membaca laporan google search console untuk SEO

11. Di sebelah kanan-nya, di bagian Pages, juga terlihat halaman website mana saja yang mendatangkan traffic tertinggi. Bisa di sortir mulai dari clicks dan impressions yang tertinggi/terendah.

9 cara membaca laporan google search console untuk SEO

12. Bisa juga melihat devices, search appearance, dan dates para user

13. Di bagian Experience, misalnya Core Web Vitals, akan ditunjukan URL mana saja yang buruk, URL mana yang masih butuh improvement, dan URL mana yang sudah oke. Ini bisa menjadi acuan perbaikan website yang perlu dilakukan.

11 cara membaca laporan google search console untuk SEO

14. Kemudian contoh lainnya, di bagian Mobile Usability, ada juga pemberitahuan mana yang Not usable dan Usable.

Nah, itulah pembahasan singkat mengenai cara membaca laporan Google Search Console dan bagaimana analisisnya. Tools ini bisa Anda gunakan untuk menambahkan sitemap, memonitor performa website, dan mendeteksi masalah crawling dan indexing pada website Anda. Jadi, pantau terus yah Google Search Console nya 🙂

VIDEO: Cara Membaca Laporan Google Search Console Untuk Analisis SEO | Yuk Tingkatkan Performance-nya

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

This Post Has 6 Comments

  1. mikha

    Hai Thania, terima kasih atas penjelasan mengenai google search Console. Saya sedang belajar memahami dan website ini sangat membantu untuk menjadi pondasi mengerjakan tugas saya mengenai google search console.

    1. Thania Kusmalinda

      :)) terima kasih kembali kak

    1. Thania Kusmalinda

      :))

  2. kurastoren

    Websitenya terawat sekali…lengkap banget penjelasanya..jadi senang membaca

    1. Thania Kusmalinda

      :))

Leave a Reply