Shopee VS Tokopedia VS Lazada/Dll: Lebih Baik Jualan Dimana?

Shopee VS Tokopedia VS Lazada/Dll: Lebih Baik Jualan Dimana? (Written by Thania Kusmalinda & Ariya Eka Alel) | Jika tidak terlibat dalam penjualan online di marketplace, maka pedagang Indonesia akan ketinggalan. Ya, itulah kenyataannya saat ini. Era e-commerce yang berkembang pesat memaksa masyarakat untuk bisa beradaptasi. Namun, marketplace manakah yang lebih baik untuk berjualan? Apakah Shopee? Tokopedia? Atau Lazada? Shopee VS Tokopedia VS Lazada, lebih baik berjualan dimana? Nama-nama tersebut menjadi marketplace yang sangat terkenal dan banyak digunakan oleh banyak masyarakat di Indonesia.

Sebenarnya, tidak ada yang memaksa Anda untuk memilih satu dari ketiga e-commerce tersebut selagi Anda memiliki waktu untuk menjalankan ketiganya sekaligus. Hal ini justru bagus untuk perkembangan bisnis Anda, karena kesempatan akan semakin terbuka lebar ketika Anda bisa berkiprah dengan baik di ketiga marketplace tersebut. Namun, kembali lagi pada kondisi masing-masing, jika harus memilih antara antara Shopee VS Tokopedia VS Lazada atau marketplace lain, marketplace mana yang akan Anda pilih untuk berjualan?

Jawabannya adalah… Anda harus menganalisis mana marketplace yang memiliki performa lebih baik bagi produk Anda. Ada beberapa metrik yang bisa dijadikan acuan untuk menentukan mana marketplace yang lebih potensial untuk produk Anda.

Shopee VS Tokopedia VS Lazada/Dll: Lebih Baik Jualan Dimana? Ini Metrik Yang Bisa Anda Pertimbangkan

Anggaplah Anda sudah beberapa lama berjualan di Shopee, Tokopedia, Lazada, atau marketplace lainnya. Anda ingin menentukan mana yang lebih baik bagi produk yang Anda jual. Berikut ialah metrik-metrik yang bisa Anda jadikan acuan mana marketplace yang lebih baik:

1. Visitor/Traffic, mana yang lebih banyak? Itulah yang lebih potensial.
2. Add To Cart/Add To Wishlist, mana yang lebih banyak? Platform itulah yang mendatangkan lebih banyak calon pelanggan potensial.
3. Revenue dan Conversion Rate, mana yang lebih tinggi?
4. CTR, mana yang lebih tinggi? Kalau CTR tinggi tapi tidak ada penjualan, kemungkinan yang harus diperbaiki ialah konten pada halaman produk. (pelajari apa itu CTR atau Click Through Rate di sini)

Sebelum Menentukan Lebih Baik Jualan Dimana: Shopee VS Tokopedia VS Lazada VS Marketplace Lain, Ini yang Harus Anda Lakukan…

Sebelum mengambil kesimpulan mana yang lebih baik untuk berjualan (Shopee VS Tokopedia VS Lazada atau marketplace lain), dengan mengacu pada metrik-metrik tersebut, pastikan Anda sudah melakukan optimasi toko marketplace Anda selama Anda berjualan. Salah satu yang bisa Anda lakukan ialah dengan riset keyword terlebih dahulu sebelum upload produk. Keyword tersebut nantinya akan digunakan dan diinput pada nama & deskripsi produk, dan merupakan keyword yang banyak dicari oleh pengguna di marketplace tersebut. Tujuannya apa? Agar produk kita lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Misal kita jual sweater rajut, mungkin keyword yang tepat ialah Sweater Rajut Lembut, Sweater Rajut Halus, dan sebagainya. Ini perlu di riset-kan terlebih dahulu.

Cara Riset Keyword di Shopee Bisa Tonton di Video Berikut Ini:
https://www.youtube.com/watch?v=YKd2w7NGCws
– Cara Riset Keyword di Tokopedia Bisa Tonton di Video Berikut Ini:
https://www.youtube.com/watch?v=jnNidD85rOM

Kelebihan dan Kekurangan Shopee VS Tokopedia VS Lazada

Kelebihan dan Kekurangan Shopee

Kelebihan utama dari Shopee adalah metode input produknya yang dinilai lebih mudah, bahkan Anda bisa memasukkan 9 gambar sekaligus ke dalam satu postingan produk. Aplikasi ini juga ramah pengguna serta tersedia dalam dua versi, IOS dan Android. Shopee juga dikenal sebagai marketplace yang memiliki banyak gratis ongkir yang bisa menjadi daya tarik pelanggan Anda. Namun, sayangnya marketplace ini masih memiliki kekurangan salah satunya yaitu pencairan dana yang cukup lama dan fitur COD yang sering mengalami masalah.

Kelebihan dan Kekurangan Lazada

Lazada dikenal sebagai marketplace dengan jangkauan pengguna yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pesaingnya. Selain itu, proses pengiriman barang dan biaya-biayanya juga cenderung lebih terjangkau. Namun, sayangnya untuk saat ini fitur COD Lazada belum berlaku di seluruh wilayah Indonesia dan tingkat persaingan dengan produk-produk dari China juga lebih tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia

Kelebihan utama dari toko hijau ini adalah tampilan antarmukanya yang simpel dan memudahkan pengguna. Kalau soal diskon dan gratis ongkir, Tokopedia masih sangat bersaing dengan toko oren dan biru. Namun, sayangnya aplikasi ini masih sering mengalami eror.

Video:




Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply