Cara Mengindeks Artikel Ke Google Search Console MUDAH

Cara Mengindeks Artikel Ke Google Search Console| Cara Agar Website Terindeks Di Google | Cara Agar Artikel Terindeks Di Google MUDAH Hi temen – temen bloggers, entrepreneurs, digital marketer, SEO content writer, copy writer, dan lain – lainnyaaa! Pasti kalian sudah familiar dengan apa itu Google Search Console dong, sebuah tool gratis dari Google untuk mengontrol SEO kalian. Tool Google Search Console ini bisa digunakan untuk menge – check berapa jumlah yang meng – klik website kamu, sehingga kamu bisa menge – check traffic SEO (Search Engine Optimization) mu dari sana. Juga bisa mengontrol artikel – artikel atau page mana dalam website mu yang sudah ter – indeks Google atau belum.

Cara Mengindeks Artikel Ke Google Search Console
CSumber Gambar Logo Google Search Console: neilpatel.com

Kenapa Indeks Dari Google Itu Sangat Penting?

Kenapa indeks artikel / halaman dari Google itu sangat penting? Karena jika sebuah link artikel / suatu halaman sudah ter – indeks Google, halaman tersebut akan sudah bisa muncul dalam halaman pencarian Google sehingga website mu bisa dilihat oleh orang. Biasanya, saat kamu mem – posting artikel / suatu halaman ke website, link dari page tersebut akan ter – indeks oleh Google dalam beberapa hari. Namun, ada juga yang belum ter – indeks karena beberapa faktor. Bagaimanakah solusi untuk link page yang belum ter – indeks oleh Google?

Cara Mengindeks Artikel Ke Google Search Console

Solusi untuk artikel / page dalam halaman website yang belum ter – indeks Google adalah, kita mengajukan permintaan index (request indexing) melalui Google Search Console. Bagaimanakah caranya? Yuk akan kita bahas dalam artikel ini.

1. PASTIKAN KAMU SUDAH MEMILIKI ACCOUNT GOOGLE SEARCH CONSOLE YANG TELAH TERHUBUNG KE WEBSITE / BLOG MU

Pertama – tama, pastikan kamu sudah memiliki account di Google Search Console yang telah terhubung ke website / blog mu. Kamu bisa membuat account nya di link: search.google.com/search-console

Setelah membuat account nya, kamu harus menghubungkan Google Search Console mu tersebut ke dalam website / blog yang ingin kamu kelola. Kalau kamu masih bingung, kamu bisa belajar Cara Mendaftarkan Website Ke Google Search Console di link berikut, silakan klik: Cara Mendaftarkan Website Ke Google Search Console

2. LOG – IN KE ACCOUNT GOOGLE SEARCH CONSOLE KAMU

Log – in lah ke account Google Search Console mu di link: search.google.com/search-console

Cara Mengindeks Artikel Ke Google Search Console

3. AKAN TAMPIL HALAMAN DEPAN GOOGLE SEARCH CONSOLE SEPERTI INI

Cara Mengindeks Artikel Ke Google Search Console

4. KLIK DI BAGIAN SINI (YANG DIBERI KOTAK MERAH)

5. BISA DILIHAT BAHWA WEBSITE NYA SUDAH TER – CONNECT DENGAN GOOGLE SEARCH CONSOLE

6. JIKA SUDAH TER – CONNECT, KLIK KE BAGIAN WEBSITE MU YANG BELUM TER – INDEKS. COPY LAH LINK NYA (DI DALAM KOTAK MERAH)

7. KEMBALI LAH KE BAGIAN GOOGLE SEARCH CONSOLE MU

8. KLIK DI BAGIAN “URL INSPECTION”

9. PASTE LINK YANG TELAH KAMU COPY TADI KE BAGIAN SINI (DI DALAM KOTAK MERAH)

10. KLIK ENTER

11. SETELAH KLIK ENTER, AKAN TAMPIL TAMPILAN SEPERTI INI

Cara Mengindeks Artikel Ke Google Search Console

12. KLIK PADA BAGIAN “REQUEST INDEXING”

Cara Mengindeks Artikel Ke Google Search Console

13. GOOGLE AKAN MEM – PROSES PERMINTAAN MU, SEHINGGA AKAN TERTAMPIL TAMPILAN LOADING. TUNGGU LAH SAJA HINGGA SELESAI

14. SETELAH SELESAI, AKAN TERTAMPIL TAMPILAN SEPERTI INI YANG MEMANDAKAN PERMINTAAN INDEKS MU TERHADAP SEBUAH LINK SUDAH DI TERIMA DAN DI PROSES

Cara Mengindeks Artikel Ke Google Search Console

15. KLIK DI BAGIAN “GOT IT”

Cara Mengindeks Artikel Ke Google Search Console

16. PERMINTAAN TELAH SELESAI DAN GOOGLE AKAN MENG – INDEKS ARTIKEL YANG KAMU MINTA DALAM BEBERAPA WAKTU. SILAKAN TUNGGU DAN GOODLUCK 😀

Muncul Pada Halaman Pertama Google

Ya, itulah cara mengindeks artikel ke Google Search Console. Kamu sudah tahu caranya supaya bagaimana artikel / page pada halaman mu ter – indeks oleh Google. Nah sekarang, bagaimana caranya agar artikel / page mu muncul pada halaman pertama Google? Tentunya, dengan teknik SEO (Search Engine Optimization), yaitu teknik mengoptimasi page dalam sebuah website agar muncul di halaman atas Google sehingga mudah ditemukan orang, sehingga mendapat traffic organic (gratis) yang cukup banyak. Baca tips berikut untuk meningkatkan kualitas SEO mu agar semakin membaik dan muncul di halaman atas Google. Namun, teknik ini belum tentu bisa langsung berhasil, butuh komitmen konsistensi jangka panjang serta latihan yang terus – menerus agar skill menulis SEO mu terus terlatih.

Cara Meningkatkan SEO / Optimasi SEO – GUIDELINE SEO LENGKAP YANG HARUS KAMU TAHU

Mungkin, bagi para content writer yang sudah cukup berpengalaman, mereka sudah cukup familiar dengan apa yang namanya SEO / Search Engine Optimization. Namun, bagi content writer pemula, mereka masih belum terlalu mengetahui kaidah – kaidah menulis artikel berdasarkan kaidah SEO. Berikut adalah cara meningkatkan SEO berdasarkan kaidah – kaidah penulisan artikel SEO untuk para content writer.

>> MINUMUM 700 – 1.000 WORDS DALAM SEBUAH ARTIKEL

Jika kamu mengikuti saran dari WordPress berdasarkan tools Yoast (tools optimasi SEO mereka), tools tersebut akan memberikanmu saran untuk menulis minimum 300 – 700 words dalam satu artikel. Tapi, jika kamu mau artikel mu lebih cepat naik ke halaman Google, setidaknya kamu membuat minimum 1.000 words. Semakin banyak, semakin baik setidaknya 1.000 sampai 5.000 words. Tapi kalau kamu tidak kuat atau tidak cukup mood untuk menulis panjang – panjang, 1.000 words saja sudah oke lah, hihi. (hayoh akui saja jika menulis itu butuh mood yang oke :p)

>> JANGAN COPY PASTE (COPAS), DAN JANGAN MELAKUKAN KEYWORD STUFFING

Jangan menulis artikel dengan copy paste (copas) dari punya orang lain. Juga jangan melakukan keyword stuffing, apa sih keyword stuffing? Keyword stuffing adalah mengulang – ulang keyword yang sama dalam satu artikel dengan terlalu banyak. Letakkan – lah keyword dengan sewajarnya. Apa itu keyword? Keyword adalah topik utama dalam artikel mu yang sedang kamu bahas. Misalnya kamu membahas tentang STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK PEMULA, maka kamu bisa menentukan “STRATEGI DIGITAL MARKETING” sebagai keyword nya. Ingat, jangan terlalu banyak menempatkan keyword dalam sebuah artikel, sewajarnya saja. Kalau kamu masih bingung bagaimana cara menentukan keyword, kamu bisa belajar di link berikut, silakan klik di link: Cara Riset dan Menentukan Keyword Dengan Google Keyword Planner.

>> PELAJARI SEO DENGAN MENENTUKAN KEYWORD YANG TEPAT

Selain itu, kamu juga harus mampu menentukan penempatan keyword dengan tepat di seluruh artikel seperti judul, link, dan deskripsi. Kalau kamu masih sangat – sangat pemula dan bingung bagaimana caranya, kamu bisa belajar di link berikut, silakan klik di link: Tutorial SEO (Search Engine Optimization) Untuk Pemula.

Kenali Jenis – Jenis SEO

Jika kamu ingin menjadi penulis konten berdasarkan kaidah SEO / SEO content writer, kamu harus memahami dengan baik jenis – jenis SEO. Apa sajakah itu? Yuk kenali lebih lanjut.

>> WHITE HAT SEO

White hat SEO adalah jenis SEO yang paling ‘bersih’, tidak curang, dan tidak menyalahi aturan – aturan Google. Semua murni berdasarkan arahan kaidah Google dalam menulis artikel SEO serta artikel yang berkualitas.

>> BLACK HAT SEO

Black hat SEO adalah jenis SEO yang curang, yaitu dengan backlink yang salah, keyword stuffing (menempatkan keyword dalam satu artikel secara berlebihan), dan cara – cara lain yang tidak dibenarkan oleh Google.

>> GRAY HAT SEO

Gray hat SEO adalah gabungan antara white hat SEO dan black hat SEO, dimana teknik ini menggabungkan kedua teknik tersebut. Sesuai dengan namanya, penggunaannya pun masih abu – abu, dimana si content writer tidak sepenuhnya menggunakan white hat SEO, juga tidak sepenuhnya menggunakan black hat SEO (gabungan). Pertanyaannya, apakah cara ini aman? Banyak pelaku – pelaku di dunia digital marketing masih bingung apakah cara ini aman atau tidak, tapi banyak yang memberikan pendapat bahwa walaupun cara abu – abu ini dilakukan, namun konten artikel / halaman yang dihasilkan memberi manfaat yang oke untuk para pembaca, banyak yang percaya jika Google akan ‘memaklumi’nya.

VIDEO: Cara Mengindeks Artikel Ke Google Search Console Dengan Mudah Agar Ter – Indeks

VIDEO: Tutorial SEO Dasar Untuk Pemula

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

This Post Has 2 Comments

  1. 메이저놀이터

    Hi there! I could have sworn I’ve been to this site before
    but after reading through some of the post I realized it’s new
    to me. Anyways, I’m definitely happy I found it and I’ll be
    book-marking and checking back frequently!

    Also visit my web-site :: 메이저놀이터

    1. Thania Kusmalinda

      Sure, thanks 🙂

Leave a Reply