Promosi Brand Jangan Bermain-Main Dengan SARA

Promosi Brand Sebaiknya Jangan Bermain-Main dengan Isu SARA — Mempromosikan brand agar dikenal oleh masyarakat adalah salah satu strategi marketing yang cukup penting ketika kamu akan menjalankan sebuah bisnis, baik yang skala kecil maupun skala besar. Tindakan promosi yang tepat biasanya akan menghasilkan hasil penjualan yang baik. Promosi brand yang baik akan membuat brand tersebut menjadi begitu familiar di tengah masyarakat selaku pasar.

Namun sayangnya, melakukan promosi seperti branding dan marketing tidak bisa sembarangan, harus pakai strategi-strategi tertentu agar efeknya berasa. Nah, karena itulah biasanya perusahaan akan membuat tim khusus untuk melakukan tugas ini, yang biasanya disebut sebagai tim marketing.

Promosi Brand Sebaiknya Jangan Bermain-Main dengan Isu SARA

Ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi jika kamu adalah seorang marketer. Dibalik keunikan dan kekuatan marketing yang akan kamu lakukan, sebaiknya kamu harus menghindar dari hal-hal yang berbau isu SARA. Ini pokoknya benar-benar harus diingat. Promosi brand sebaiknya jangan bermain-main dengan isu SARA. Sebab, promosi dengan isu SARA rentan membuat brand menjadi intangible asset (aset tidak berwujud tapi bernilai) yang sangat rapuh. Isu SARA, khususnya di Indonesia adalah hal yang sangat sensitif. Alih-alih bisa menjadi besar, brand yang menyinggung isu SARA justru kerap menjadi hancur begitu saja karena kekuatan WOM (Word of Mouth) yang dapat dengan mudah menghancurkan nilai dari brand itu sedemikian rupa.

Hal ini bukan masalah masyarakat yang kurang open-minded, tapi menggunakan apa yang menjadi isu sensitif di kalangan target market justru akan membuat brand menjadi buruk karena pandangan masyarakat yang sudah terlanjur buruk. Oleh karena itu, hindari promosi-promosi yang mengandung isu sensitif seperti isu SARA agar perusahaan bisa menghindari hal-hal yang bisa membunuh brand saat melakukan promosi. Jadi, perlu digaris bawahi ya, promosi brand sebaiknya jangan bermain-main dengan isu SARA.

Pokoknya, Promosi Brand Sebaiknya Jangan Bermain-Main dengan Isu SARA

Nah, jadi untuk kamu yang saat ini sedang bergerak di bidang marketing sebuah perusahaan, sebaiknya pikirkan ide kreatif lainnya yang jauh dari isu-isu sensitif apalagi yang berbau SARA. Pokoknya, promosi brand sebaiknya jangan bermain-main dengan isu SARA kalau tidak ingin brand mu justru terpuruk begitu saja.

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply