Cara Seller Membuka Program Affiliate Tiktok Shop

Cara Seller Membuka Program Affiliate Tiktok Shop (Written by Thania Kusmalinda & Ariya Eka Alel) | Sudah bukan rahasia lagi kalau semua orang pasti bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari aplikasi TikTok. Sebagai seller (penjual) di TikTok Shop, kamu bisa meningkatkan pendapatan TikTok Shop mu dengan membuka program TikTok Affiliate. Nantinya, para content creator yang ada di TikTok bisa mempromosikan produk mu, dan mendapatkan komisi dari Tiktok Shop mu jika mereka berhasil menjualnya.

Ya, TikTok memberikan kesempatan yang besar kepada penggunanya untuk saling berbagi komisi dari penjualan yang berhasil mereka promosikan. Lalu bagaimana sistem ini bekerja dan bagaimana cara seller (penjual) membuka program affiliate TikTok Shop mereka agar para content creator bisa mempromosikan produk seller dan mendapatkan komisi dari seller? Simak ulasan di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya.

Cara Seller (Penjual) Membuka Program Affiliate Tiktok Shop

1. Setelah membuat Tiktok Shop (klik cara membuat Tiktok Shop di sini), log-in ke dashboard Tiktok Shop Seller Center mu di link: www.seller-id.tiktok.com. Di dashboard Seller Center, klik Affiliate Marketing

Cara Seller Membuka Program Affiliate Tiktok

2. Di bagian kanan, ada Plan. Bisa dilihat bahwa di bagian tersebut, ada 3 jenis program Affiliate Tiktok yang bisa dilakukan sekarang ini, yaitu Shop Plan, Open Plan, dan Targeted Plan. Sebagai contoh, kita bisa coba setting Shop Plan terlebih dahulu. Klik:
(1) Shop Plan
(2) Setting comission rate (komisi untuk para content creator jika berhasil menjual produk mu)
(3) Submit Shop Plan

Nah, sebenarnya apa perbedaan dari Shop Plan, Open Plan, dan Targeted Plan? Berikut penjelasannya.

A. SHOP PLAN

Di bagian Shop Plan, kita bisa mengatur komisi yang universal, sama, ‘merata’/menyeluruh kepada seluruh content creator yang mempromosikan produk kita hingga terjual. Sebagaimana dijelaskan langsung di dashboard:

Cara Seller Membuka Program Affiliate Tiktok

B. OPEN PLAN

Open plan atau Program terbuka ialah program dimana seller bisa menentukan komisi untuk affiliator pada setiap produknya. Program ini hanya visible untuk creator yang qualified untuk sekarang.

C. TARGETED PLAN

Targeted plan atau Program bertarget ialah dimana kita bisa mengundang creator yang ditargetkan untuk mempromosikan dan menjual produk kita. Creator dapat mulai melakukan promosi setelah menerima undangan yang kita kirim.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk membuka program affiliate TikTok Shop untuk meningkatkan penjualan toko mu? Itulah cara seller membuka program affiliate TikTok Shop. Semoga membantu yah.

VIDEO: Cara Seller (Penjual) Membuka Program Affiliate Tiktok Shop

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

This Post Has 2 Comments

    1. Thania Kusmalinda

      :))

Leave a Reply