4 Cara Menurunkan CPC Google Ads (Cost Per Click Agar Beriklan Murah)

cara menurunkan CPC google ads cara mengurangi CPC google ads cara agar google ads murah cara beriklan murah di google ads
Sumber Gambar Logo Google Ads: Pinterest

Cara Menurunkan CPC Google Ads — Halo temen – temen digital marketers dan digital advertisers, di artikel kali ini akan di sharing – kan mengenai cara mengurangi CPC google ads agar iklan google ads murah. Sejujurnya, cara ini tidak direkomendasikan, karena:

  • Kalau konversi nya tinggi, lebih baik CPC nya dibiarkan atau malah ditambah dengan harapan mendapatkan konversi yang lebih tinggi lagi
  • Baru kalau konversi nya rendah atau bahkan tidak ada, baru CPC nya dikurangi atau matikan saja keywordnya (pause atau delete)

Tapi, tentu para digital advertiser perlu paham cara ini untuk jika saat mereka harus menghemat biaya, atau saat mereka hanya memiliki biaya yang minim untuk beriklan di google ads. Yuk, kita bahas cara – caranya.

4 Cara Menurunkan CPC Google Ads Agar Beriklan Murah

Jadi, kurang lebih begini lah teknik – tekniknya:

1. OPTIMASI QUALITY SCORE

Quality score adalah rating / penilaian dari Google untuk kualitas dan relevansi dari keyword dalam iklan kita. Semakin tinggi nilai quality score yang kita dapat, artinya semakin relevan iklan yang kita pasang. Semakin tinggi quality score, biaya yang kita keluarkan pun juga bisa semakin minim. Lantas, bagaimana teknik untuk mengoptimasi quality score ini?

  • Dengan meningkatkan Ad Relevance (Ad Relevance adalah kesesuaian iklan kamu dengan pencarian user)
  • Meningkatkan landing page experience (yaitu kesesuaian landing page / website yang kamu iklankan dengan apa yang dicari user)
  • Dengan meningkatkan expected CTR

Nah, jika kita berhasil memaksimalkan tiga hal itu, nanti quality score setiap keyword kita akan meningkat. Lantas, bagaimana teknik meningkatkan ketiga aspek tersebut?

A. Bisa dengan membuat 4 ads untuk setiap produk (untuk A/B testing), atau bisa juga:
B. Dengan mengelompokkan setiap Ad Group (Ad Group adalah kelompok ads dengan sekumpulan keyword tertentu) sesuai penggunaan keyword. Bagaimana kah maksudnya? Yuk, kita bahas contohnya. Contohnya seperti ini:

– Ad Group 1: Keyword Brand Bisnis Kita
Thania Khoe Digital
Belajar di Thania Khoe Digital
Pricelist Thania Khoe Digital

– Ad Group 2: Keyword Jenis Industri Bisnis Kita
Kursus digital marketing
Belajar digital marketing
Kelas digital marketing

– Ad Group 3: Keyword yang Spesifik
Belajar digital marketing dari 0
Belajar digital marketing pemula
Belajar digital marketing untuk pemula

Lalu, keyword – keyword yang kita susun tersebut juga harus di sesuaikan dengan message match pada iklan, yaitu disesuaikan dengan headline iklan, description, dan isi landing page / website.

EXTRA TIPS DAN INFO:

Kalau misalnya Ad Relevance kita rendah, kemungkinan karena Ad Group kita terlalu banyak keyword.

Ads yang spesifik untuk target audience yang spesifik bisa meningkatkan kemungkinan iklan kita mendapatkan CTR yang lebih tinggi dengan harga yang lebih murah.

2. PERHATIKAN STRATEGI BIDDING

Jika kita menggunakan strategi bidding Target ROAS, jangan pasang terlalu tinggi. Turunkan secara perlahan. Jika CPC nya sudah turun, baru tingkatkan kembali target ROAS nya secara perlahan. Lower your bid together along with your bidding strategy.

3. GUNAKAN STRATEGI KEYWORD YANG TEPAT

  • Riset keyword

Perhatikan keyword – keyword kompetitor mu. Kalau keyword specific long tail keyword nya memiliki harga tinggi, kita bisa lho pasang strategi bidding yang murah.

  • Perhatikan jumlah pencarian dan top of page bid nya

Perhatikan jumlah pencariannya, apa kita mau bersaing di keyword dengan pencarian tinggi, atau kita mau bersaing di keyword dengan pencarian rendah. Perhatikan juga biaya bid yang dipasang.

  • Fokus pada relevansi keyword

Jika kita memang benar – benar ingin beriklan dengan murah di google ads, maka kita harus lebih fokus pada relevansi keyword daripada jumlah pencarian. Relevansi keyword sangatlah penting untuk menghemat biaya. Kita bisa menggunakan long tail keyword untuk menyiasati hal ini.

EXTRA TIPS:

Saat melakukan riset keyword, lakukan juga BROADEN YOUR SEARCH (perluas hasil pencarian) dan EXCLUDE ADULT IDEAS pada google keyword planner agar kita mendapat lebih banyak insight mengenai keyword – keyword yang ingin kita targetkan.

4. GUNAKAN NEGATIVE KEYWORDS

Jangan lupa untuk selalu gunakan negative keyword agar iklan kita tidak membuang – buang biaya. Apa sih negative keywords itu? Negative keyword itu ialah keyword yang tidak sesuai dengan iklan kita. Bagaimana contohnya? Contohnya seperti ini:

A. Contoh negative keywords pada Bisnis Kursus Digital Marketing

Keyword:
Kursus digital marketing
Kelas digital marketing

Negative keywords (yang tidak sesuai):
Belajar digital marketing gratis
Belajar jadi sales

B. Contoh negative keywords pada Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Keyword:
Jual mobil bekas
Mobil bekas kualitas bagus

Negative keywords (yang tidak sesuai):
Mobil baru murah
Jual mobil baru murah

Nah, itulah penjelasan mengenai bagaimana 4 cara mengurangi CPC google ads agar kita bisa beriklan murah. Untuk video tutorial lengkapnya, bisa juga tonton di:

BACA JUGA:

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply