Konten Viral Marketing | Apa Itu Viral Marketing?

Konten Viral Marketing
Sumber Ilustrasi Gambar: Freepik

Konten Viral Marketing – Pengertian Viral Marketing | Apa itu viral marketing? Menurut wikipedia, viral marketing adalah strategi dan proses penyebaran pesan elektronik yang menjadi saluran untuk mengkomunikasikan informasi suatu produk kepada masyarakat secara meluas dan berkembang. Tujuan utama dari viral marketing ini adalah membuat suatu produk cepat terkenal dalam jangka waktu yang relatif singkat. Nah, salah satu teknik viral marketing ini bisa dilakukan dengan content marketing yang disebar di sosial media. Bagaimana sih, contoh konten viral marketing?

TEKNIK KONTEN VIRAL

Nah, sekarang kita masuk ke pembahasan mengenai teknik konten viral. Bagaimana sih tips membuat konten viral yang membuatmu melakukan suatu teknik yang disebut viral marketing?

1. BUAT KONTEN PRO VS KONTRA

Teknik konten ini bisa memancing engagement yang tinggi. Contohnya “jadi pengusaha VS jadi karyawan” atau “jadi atlet, lanjut atau berhenti”?

2. ‘PANSOS’ ALIAS PANJAT SOSIAL

Yup, teknik pansos ini terdengar agak naif memang. Tapi terbukti bisa meningkatkan reach dengan cepat. Misalnya seperti konten reaction terhadap sesuatu yang sedang viral, terhadap artis, dan lain sebagainya. Kamu bisa melakukannya secara soft / elegan agar tidak terlihat norak / keterlaluan dengan memanfaatkan ketenaran orang lain.

3. MENGGUNAKAN HUMOR

Kamu bisa menggunakan humor sebagai salah satu teknik konten viral marketing mu. Tapi ingat, jangan sampai keluar dengan value / gaya konten yang kamu hasilkan ya. Jangan terlalu melenceng maksudnya, heheh. :p

4. GIVE AWAY / HADIAH

Cara ini ialah cara yang cukup umum untuk melakukan teknik viral marketing. Kamu bisa memberi give away atau hadiah – hadiah yang menarik untuk followers – followers mu.

JONAH BERGER’S SIX STEPS TO VIRALITY

Dalam dunia marketing, kita mengenal Jonah Berger’s Six Steps to Virality (6 step dari Jonah Berger menuju viralitas) yang disebut dengan STEPPS. Yuk, kita kupas.

1. SOCIAL CURRENCY

Di tahap social currency, orang – orang membahas suatu topik dimana mereka merasa cool atau keren saat membahasnya.

2. TRIGGERS

Triggers yang dimaksud ini ialah, apa yang men – trigger di kepala, topik itulah yang ia ingat.

3. EMOTION

Saat orang mulai tertarik secara emosional dan merasa care untuk membagikannya.

4. PUBLIC

Built to show, built to grow. Orang – orang akan semakin tertarik untuk mengadaptasi / mengimitasi.

5. PRACTICAL VALUE

Orang – orang mendapatkan value atau sesuatu yang berguna dari konten yang dibagikan.

6. STORY

Dibagikan dengan konten cerita yang naratif.

TEKNIK KONTEN YANG MENARIK

Nah, dalam membuat isian konten, pasti ada teknik nya tersendiri. Nih, ada sedikit tips nya.

1. PERTAMA, DENGAN HEADLINE MENARIK YANG MAMPU MEREBUT PERHATIAN AUDIENCE

Headline ini menjadi hal yang krusial karena akan menjadi point pertama yang dilihat audience. Kamu bisa membaca artikel tentang cara membuat headline yang menarik, silakan klik –> disini

2. KEDUA, MASUK KE EMOSIONAL AUDIENCE UNTUK MEMBUAT MEREKA ‘BERTAHAN MEMBACA KONTENMU’

Misal, kamu membuat konten mengenai ‘jadi pengusaha VS jadi karyawan’. Nah, selanjutnya kamu bisa masuk ke emosional audience dengan menulis ‘pernah nggak sih, kamu bimbang mau jadi pengusaha atau tetap jadi karyawan’?. Masuklah ke jiwa dan pikiran audience mu, agar konten mu benar – benar relate dengan kehidupan dan situasi mereka.

3. BENEFIT / VALUE YANG DISAJIKAN

Kemudian, sajikan benefit atau value yang ingin kamu sajikan pada audience mu.

Nah, di akhir kamu bisa memberi ringkasan atau pengulasan singkat tentang apa yang ingin kamu jelaskan. Kemudian jika kamu menjual sesuatu, kamu bisa menambahkan CTA (call to action) yang bersifat soft selling ke produk jualan mu.

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply