Status Google Ads “Bid Strategy Learning”, Kenapa Ya?

Status google ads “Bid Strategy Learning”, kenapa ya? (Written by Thania Kusmalinda & Ariya Eka Alel) | Pernahkah Anda menemukan status delivery iklan Google masih dalam status “Bid Strategy Learning? Apa sebenarnya yang menyebabkan hal itu terjadi dan adakah pengaruhnya terhadap performa iklan Anda? Bagaimana pula cara mudah mengatasi kondisi tersebut? Sebelum membahas lebih lanjut mengenai hal tersebut, Anda juga perlu mengetahui apa itu fase learning (learning phase) di Google Ads.

Pada dasarnya adalah semua campaign iklan akan memasuki learning phase untuk mempelajari cara terbaik dalam men-deliver iklan ke audience yang tepat, yang membedakannya hanyalah waktu fase tersebut berlangsung (berapa lama). Semakin cepat iklan Anda keluar dari fase ini, maka semakin baik, artinya konversi iklan Anda sudah stabil. Jadi, apa penyebab status Google Ads masih “bid strategy learning”?

Status Google Ads “Bid Strategy Learning”, Kenapa Ya?

Status Google Ads Bid Strategy Learning

Artinya, campaign google ads yang baru dijalankan masih mempelajari bidding yang baru di setting. Ini bisa terjadi karena bid strategy yang dipasang baru (habis ganti), atau Conversion Action-nya baru (berbeda dengan campaign sebelumnya/campaign yang lainnya). Tidak apa-apa, iklan sudah aktif dan akan tetap jalan. Tunggu saja sampai system-nya selesai learning, biasanya memakan waktu di kisaran 1 minggu, atau 2-3 conversion cycle (2-3 siklus konversi). Durasi ini bisa lebih cepat, atau bisa juga menjadi lebih lambat tergantung jumlah konversi yang didapat.

Itulah penyebab kenapa status google ads masih Bid Strategy Learning. Di masa learning phase ini, disarankan untuk tidak mengedit iklan agar hasil yang dicapai juga optimal.

VIDEO: Kenapa Status Google Ads Masih “Bid Strategy Learning”

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply