Cara Menentukan Targeting Youtube Ads Dalam 7 Tahap

Sumber: Youtube

Cara Menentukan Targeting Youtube Ads Agar Iklan Youtube Ads mu Menyasar Target Audience Yang Tepat —- Hi temen – temen digital marketers! Di artikel sebelumnya, sudah pernah dijelaskan tentang tutorial cara membuat iklan di youtube ads. Buat temen – temen yang belum pernah belajar, bisa silakan klik di sini:

*Tutorial Cara Membuat Iklan di Youtube Ads by TK Digital

Nah, sudah paham dong yah bagaimana cara membuat youtube ads agar kamu bisa mengiklan – kan bisnis mu dengan bentuk video di platform tersebut. Nah, sekarang, agar teroptimasi dengan baik, selanjutnya kamu harus mampu memahami bagaimana cara menentukan target audience youtube ads. Yuk, kita pelajari caranya! 😀

Cara Menentukan Target Audience Youtube Ads

Nah temen – temen, di bagian saat kalian membuat youtube ads, tentunya ada bagian yang di namakan AUDIENCE. Dalam menentukan target audience youtube ads, sekarang kita focus di bagian AUDIENCE ini dulu ya.

Cara Menentukan Target Audience Youtube Ads

Nah, di bagian ini, sekarang temen – temen wajib mengenai jenis – jenis audience nya, agar bisa menyasar target audience yang tepat saat membuat iklan di youtube ads.

1. JENIS AUDIENCE “AFFINITY AUDIENCE”

Yang pertama, ada jenis AFFINITY AUDIENCE. AFFINITY AUDIENCE adalah jenis audience yang memiliki minat atau ketertarikan terhadap sesuatu. Misalnya, jika kamu menjual jasa training belajar digital marketing, maka kamu bisa menyasar orang – orang yang memiliki minat atau ketertarikan kepada MARKETING, DIGITAL MARKETING, atau BUSINESS. Jenis audience ini akan ditandai seperti ini.

Cara Menentukan Target Audience Youtube Ads

Jenis audience affinity

2. JENIS AUDIENCE “IN – MARKET AUDIENCE”

Yang kedua, ada jenis audience IN – MARKET AUDIENCE. Jenis audience ini adalah jenis audience yang aktif dalam mencari sesuatu. Jika mereka tertarik terhadap bisnis, mereka akan mencari tips – tips dalam berbisnis, strategi meningkatkan penjualan, dan lain sebagainya. Juga, IN – MARKET AUDIENCE bisa berarti minat – minat “terbaru” user yang mereka cari di internet. Selain itu, ada audience bernama LIFE EVENTS. BIASANYA, JENIS AUDIENCE IN – MARKET INI MEMILIKI LEBIH BANYAK KONVERSI.

3. JENIS AUDIENCE “LIFE EVENTS”

Yang ketiga ada jenis audience LIFE EVENTS. Jenis audience ini adalah audience yang sedang mengalami momen – momen tertentu dalam hidup mereka seperti memulai menjalankan bisnis, contohnya.

4. JENIS AUDIENCE “BASED ON YOUR VIDEO AD AND YOUTUBE CHANNEL”

Target audience jenis ini ialah jenis audience yang memiliki kemiripan dengan video – video iklan ads kamu / youtube channel kamu. Jenis audience ini akan tertuliskan dengan BASED ON YOUR VIDEO AD AND YOUTUBE CHANNEL.

Cara Menentukan Targeting Youtube Ads

5. JENIS AUDIENCE “BASED ON ADVERTISERS LIKE YOU”

Kemudian, ada lagi jenis audience yang diberi label dengan nama BASED ON ADVERTISERS LIKE YOU”. Jenis audience ini ialah jenis audience yang memiliki kemiripan dengan orang – orang yang memiliki iklan youtube ads serupa dengan kamu.

Cara Menentukan Target Audience Youtube Ads

6. JENIS AUDIENCE “CUSTOM AUDIENCE”

Kemudian, jika kamu scroll ke bagian lebih bawah lagi, kamu akan melihat jenis audience CUSTOM AUDIENCE. Kamu bisa menentukan AUDIENCE yang kamu inginkan berdasarkan apa yang mereka sukai atau apa yang mereka cari di search engine. Kamu bisa klik pada bagian ini. Kamu bisa klik di bagian CUSTOM AUDIENCE (dengan tanda +)

Kemudian, setelah kamu klik di bagian CUSTOM AUDIENCE tersebut, akan tertampil tampilan seperti ini. Bisa di lihat pada gambar di bawah ini. Di bagian pilihan yang atas, yaitu PEOPLE WITH ANY OF THESE INTERESTS OR PURCHASE INTENTIONS (yang diberi kotak merah pada bagian atas), kamu akan menargetkan orang – orang yang memiliki minat atau ketertarikan pada hal – hal tertentu (contohnya seperti yang diberi kotak merah pada bagian bawah)

Cara Menentukan Target Audience Youtube Ads

Kemudian, jika kamu pilih pada bagian bawahnya, yaitu PEOPLE WHO SEARCHED FOR ANY OF THESE TERMS ON GOOGLE, kamu bisa menentukan target audience berdasarkan apa yang mereka suka cari di Google. Contohnya, kamu jual buku keuangan, maka kamu bisa ketikkan BELAJAR KEUANGAN (contohnya seperti yang diberi kotak merah pada bagian bawah)

Cara Menentukan Target Audience Youtube Ads

7. JENIS AUDIENCE “REMARKETING AUDIENCE”

Remarketing audience bisa kamu buat untuk penargetan ulang. Penargetan ulang ini bisa ditargetkan untuk orang – orang yang pernah mengunjungi website / toko online mu.

Nah, itulah cara – cara menentukan targeting youtube ads dalam 7 tahap yang bisa kamu terapkan dalam membuat iklan di youtube ads. Setelah itu, ada beberapa tips tambahan yang bisa diterapkan:

>> Jika kamu ingin men – targetkan audience dengan lebih kompleks, kamu bisa gunakan COMBINED. Namun, untuk beberapa orang hal ini terkadang terkesan sangat “rumit” dan “ruwet”

>> Jenis AUDIENCE BROWSE juga terkadang direkomendasikan, karena terbentuk dari target – target audience yang sudah ada

>> Kamu juga bisa menentukan targetting dengan TOPICS, yaitu berdasarkan TOPIK apa yang sering mereka cari / sukai di internet

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply