Cara Membaca Laporan Auction Insight Google Ads

Cara Membaca Laporan Auction Insight Google Ads – Apa Itu Pengertian Auction Insight (Written by Celine Abigail B. & Thania Kusmalinda) |   Kalian pasti sudah tidak asing dengan mesin pencari yang digunakan di seluruh belahan bumi. Yup betul, tentunya tidak lain adalah Google, mesin pencari yang memiliki pengguna aktif sebanyak lebih dari 3 miliar sejauh  ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai Auction Insight Google Ads. Tapi, apakah kalian pernah mendengar atau mengetahui tentang Auction Insight sebelumnya? Singkatnya, Auction Insight merupakan laporan yang membahas mengenai informasi periklanan dan keyword yang hanya bisa kalian lihat pada search dan shopping campaign. Apa itu pengertian Auction Insight? Auction Insight adalah laporan yang juga dapat kalian gunakan untuk membandingkan performa iklan kalian dengan para kompetitor / advertiser di luar sana dalam proses auction yang sama. Sekarang mari kita bahas lebih lanjut mengenai Auction Insight Google Ads. Yuk, kita simak penjelasan mengenai cara membaca laporan auction insight google ads berikut ini.

Cara Membaca Laporan Auction Insight Google Ads

Auction Insight pada google ads ada pada bagian ‘keyword”. Di bagian keyword, kita akan bisa melihat section Auction Insight. Berikut contoh dari laporan Auction Insight.

Nah, beginilah cara membaca laporan auction insight google ads.

1. IMPRESSION SHARE

Seberapa sering iklan kita tayang di Google dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Misal, iklan 1 memiliki 51.86%, berarti tayang sekitar 5 kali setiap 10 kali tayang. Begitu pula iklan 2 memiliki 27%, berarti tayang sekitar 2/3 kali setiap 10 kali tayang.

2. OVERLAP RATE

Rasio overlap (overlap rate) / tumpang tindih iklan kita dengan iklan kompetitor. Misalnya iklan 2 memiliki rasio overlap 32%. Berarti dalam 3X setiap 10X iklan kita ditampilkan, 7X iklan kompetitor juga tayang. Ini berarti mereka memiliki keyword yang sama. Semakin tinggi overlap kompetitor kita, semakin mirip keyword dan strategi yang mereka gunakan dengan strategi Google Ads kita.

3. POSITION ABOVE RATE

Iklan 3 memiliki position above rate di atas iklan 2, berarti perusahaan no.3 memiliki peringkat iklan yang lebih tinggi dalam hasil pencarian Google.

4. TOP OF PAGE RATE

Menunjukkan seberapa sering iklan ada di peringkat atas, di atas hasil pencarian organik. Semakin tinggi persentasenya, semakin sering.

5. ABS. TOP OF PAGE RATE

Menunjukkan persentase yang ia miliki untuk berapa kali tampil di halaman pertama. Semakin tinggi persentasenya, semakin sering ada di halaman pertama.

6. OUTRANKING SHARE

Seberapa sering iklan kita tayang lebih sering dibandingkan dengan iklan kompetitor. Iklan 2 memiliki outranking share 50.12%, berarti 5X lebih sering tampil dalam 10X penayangan dibandingkan dengan Iklan 3.

Itulah penjelasan mengenai Auction Insight Google Ads, khususnya cara membaca laporan Auction Insight Google Ads. Bagaimana menurut kalian? Menarik bukan? Apakah mudah untuk dipahami? Semoga dapat membantu kalian dalam menambah wawasan dalam dunia internet khususnya dunia digital marketing.

VIDEO: Cara Membaca Laporan Auction Insight Google Ads Search | Mengenal Auction Insight – video www.thaniakhoedigital.com

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

This Post Has 4 Comments

  1. bengkel daihatsu tangerang

    Very good information. Lucky me I ran across your website by chance (stumbleupon).
    I’ve saved as a favorite for later!

    1. Thania Kusmalinda

      :))

    1. Thania Kusmalinda

      :))

Leave a Reply