Tips Jualan Di Marketplace

Dasar-Dasar Jualan Di Marketplace

Marketplace menjadi salah satu platform berjualan yang menarik bagi para pebisnis. Pasalnya, dengan media marketplace, penjual bisa dengan mudah menjangkau customer sebanyak-banyaknya, sejauh yang mereka bisa.

Untuk kamu yang ingin mulai berjualan di marketplace, ini ada dasar-dasarnya niiih! :p supaya kamu tidak bingung ketika baru masuk ke halaman marketplace. Apa saja sih tips dasar-dasar jualan di marketplace? Yuk dibaca! :p tapi sebelum masuk ke materi dasar-dasar jualan di marketplace, sebaiknya kamu tahu dulu 2 teknik strategi dasar dalam penjualan melalui marketplace.

Hasil gambar untuk tokopedia png
Salah satu marketplace Indonesia, TOKOPEDIA
Hasil gambar untuk bukalapak png
Salah satu marketplace Indonesia, BUKALAPAK

Tips Berjualan Di Marketplace

Dasar-Dasar Berjualan Di Marketplace, 2 Teknik Strategi Berjualan Di Marketplace:

1.DENGAN TEKNIK “DIRECT SELLING” / “BERJUALAN LANGSUNG”

Direct selling atau berjualan langsung adalah teknik menjual barang langsung kepada customer yang akan menggunakan produk kita.

Kelebihan:

  • Bisa berjualan dengan harga semau kita
  • Tidak ada kompetitor yang menandingi
  • Bisa lebih mengenal customer kita secara lebih personal

Kekurangan:

  • Tidak bisa menjangkau customer lebih banyak secara geografis

2.DENGAN AGEN / DISTRIBUTOR

Dengan agen / distributor, kamu bisa menjalankan kontrak kerja penjualan agar mereka menjadi agen / distributor resmi yang menjual produk – produk mu.

Kelebihan:

  • Bisa menjangkau lebih banyak customer secara geografis

Kekurangan

  • Agen / distributor lah yang menentukan harga untuk produk kita (kita tak bisa menentukan mereka ingin jual berapa, yang bisa berpengaruh besar terhadap imej produk kita apakah akan menjadi murah atau mahal)
  • Akan ada banyak agen yang adu banting – bantingan harga (perang harga)

Strategi Jualan Di Marketplace

Setelah mengetahui 2 teknik dasar berjualan di marketplace, ini adalah dasar – dasar strategi untuk berhasil dalam berjualan di marketplace:

Strategi Berjualan Di Marketplace

  1. Beri nama spesifik pada produk mu setiap kamu upload foto produk, misalnya kamu menjual tas handmade, masukkan kata-kata “handmade” atau “bag” dalam setiap produk yang kamu upload, contohnya “Tas Handmade Bali”, “Handmade Bag Bali”, “Tas Handmade Kalimantan”, “Handmade Bag Kalimantan”, dan lain sebagainya.
  2. Usahakan untuk bisa berjualan produk dengan kuantiti secara satuan, karena semakin banyak produk yang terhitung laku terjual, semakin bagus toko online kamu terbaca oleh algoritma marketplace.

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply