Strategi Memilih Objective & Optimization Goal Tiktok Ads Agar Iklan Maksimal

Strategi Memilih Objective & Optimization Goal Tiktok Ads Untuk Mencapai Hasil Iklan Yang Maksimal (Written by Ariya Eka Alel & Thania Kusmalinda) | Sebelum membuat iklan di Tiktok Ads, Anda perlu memperhatikan Objective dan Optimization Goal dari iklan yang akan Anda buat. Objective dan Optimization Goal, tidak dapat dipungkiri, menjadi dua bagian terpenting dari keseluruhan proses pembuatan iklan di Tiktok Ads.

Terdapat banyak Objective dan Optimization Goal untuk menjalankan iklan Anda di Tiktok. Hal inilah yang menyebabkan mengapa objective dan optimization goal menjadi dua hal yang saling berkaitan ketika Anda akan membuat iklan di Tiktok Ads. Nah, untuk bisa menentukan jenis objective dan optimization goal apa yang sesuai untuk iklan Anda, Anda bisa mempelajari pengertian & fungsi Objective dan Optimization Goal Tiktok Ads, serta alasan Anda memilihnya untuk iklan Anda.

MENGENAL & PENGERTIAN OBJECTIVE TIKTOK ADS

Objective Tiktok Ads adalah tujuan dalam beriklan. Saat awal-awal step membuat campaign iklan, Anda akan diminta memilih objective. Yuk kita bedah satu-satu.

1. Objective Reach: Untuk Awareness

Objective reach untuk awareness ini ada dalam corong paling atas Tiktok Ads (Top Funnel), dengan tujuan meningkatkan reach, yaitu untuk menampilkan iklan kita ke sebanyak-banyaknya audience.

pengertian objective tiktok ads adalah

2. Objective Traffic, Video Views, Lead Generation, dan Community Interaction (Followers & Profile Visit): Untuk Consideration

Tujuan consideration ini ada dalam corong tengah Tiktok Ads (Middle Funnel), dengan tujuan mengenalkan brand kita atau membuat audience tertarik dengan produk kita. Terdiri dari objective:

Traffic: untuk meningkatkan jumlah visitor website / apps
Video views: untuk meningkatkan jumlah views video
Lead generation: untuk meningkatkan jumlah leads dari audience yang tertarik dengan produk kita
Community interaction: untuk meningkatkan jumlah followers dan profile visit Tiktok kita

MENGENAL PENGERTIAN OBJECTIVE TIKTOK ADS ADALAH

3. Objective App Promotion, Website Conversions, & Shop Purchase / Product Sales: Untuk Conversion

Tujuan conversion ini ada dalam corong paling bawah Tiktok Ads (Bottom Funnel), dengan tujuan meningkatkan konversi / penjualan. Terdiri dari objective:

App promotion: untuk meningkatkan install apps (jika kita mengiklankan apps)
Website conversion: untuk meningkatkan konversi pada website
Shop purchase/product sales: untuk meningkatkan penjualan di Tiktok Shop

MENGENAL PENGERTIAN OBJECTIVE TIKTOK ADS ADALAH

MENGENAL & PENGERTIAN OPTIMIZATION GOAL TIKTOK ADS

Optimization Goal ialah tujuan dari optimasi iklan Tiktok, tujuan apa yang ingin dimaksimalkan. Setiap objective memiliki optimization goal yang berbeda-beda, berikut tabelnya:

1. Objective Traffic

Optimization goal: untuk meningkatkan click pada iklan dan view pada landing page yang diiklankan

2. Objective Lead Generation

Optimization goal: untuk meningkatkan leads

3. Objective Community Interaction

Optimization goal: untuk meningkatkan Followers dan Profile Visit pada akun Tiktok

4. Objective App Promotion

Optimization goal: untuk meningkatkan click pada apps yang di iklankan

5. Objective Website Conversion

Optimization goal: untuk meningkatkan konversi dan klik pada website

6. Objective Shop Purchase/Product Sales

Optimization goal: untuk meningkatkan revenue (value) penjualan, purchase (jumlah pembelian), Checkout, dan klik pada produk di Tiktok Shop

TIPS: MEMILIH OBJECTIVE DAN OPTIMIZATION GOAL PADA TIKTOK ADS HARUS ‘SESUAI’ DENGAN TUJUAN BERIKLAN

Memilih objective dan optimization goal pada Tiktok Ads harus ‘sesuai’ dengan tujuan beriklan, kenapa? Karena machine Tiktok Ads mampu bekerja secara detail membantu kita mencapai tujuan iklan kita. Misal kita ingin kejar awareness, jangan pilih objective product sales.

Misal kita sedang mengejar jumlah customer yang checkout di Tiktok Shop, pilihlah optimization goal checkout, jangan pilih click. Karena jika pemilihan objective & optimization goal nya tidak sesuai, maka hasil iklan akan menjadi kurang maksimal. Maka dari itu, sangat sangat sangat penting bagi advertiser untuk memahami objective dan optimization goal iklan.

Demikianlah tips yang bisa Anda terapkan ketika akan memilih objective dan optimization goal untuk iklan Tiktok Ads Anda. Semoga informasi di atas bisa membantu dan Anda bisa mendapatkan hasil iklan yang terbaik.

VIDEO: Mengenal & Strategi Memilih Objective dan Optimization Goal Tiktok Ads Untuk Mencapai Performa Iklan Maksimal


Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply