4 Tips Agar Live Tiktok Tidak Di Banned/Blokir/Dianggap Melanggar

4 Tips Agar Live Tiktok Tidak Di Banned / Blokir / Dianggap Melanggar (Written by Ariya Eka Alel & Thania Kusmalinda) | TikTok menjadi tempat berjualan online yang semakin diminati oleh masyarakat Indonesia karena penggunanya yang begitu besar. Adapun salah satu fitur paling populer di TikTok yang biasa digunakan oleh pedagang untuk mempromosikan dagangannya adalah TikTok live. 

Sayangnya, melakukan live streaming di Tiktok tidak boleh sembarangan. Sebab, akun Anda berpotensi di banned / dianggap melakukan pelanggaran oleh pihak TikTok jika tidak mengikuti ketentuan-ketentuan mereka. Apakah Anda pernah mengalami masalah dimana video live Anda mendadak sepi pengunjung, padahal biasanya bisa mendapatkan view banyak? Jika pernah, bisa jadi akun Anda sedang dianggap melakukan pelanggaran oleh pihak TikTok tanpa sepengetahuan Anda.

Dalam kondisi yang lebih parah, akun jualan Anda bahkan bisa di banned secara permanen oleh TikTok. Lalu, apa yang sebenarnya terjadi? Mengapa pihak TikTok melakukan banned terhadap akun Anda? Simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui 4 tips agar Live TikTok tidak di banned / blokir / dianggap melanggar.

4 Tips Agar Live Tiktok Tidak Di Banned / Blokir / Dianggap Melanggar

1. Jangan ngomong kasar / bicara yang kurang sopan

Saat live TikTok, jangan ngomong kata-kata yang kasar atau bicara yang kurang sopan. Walaupun bercanda, jika Anda mewakili brand / perusahaan, hal ini akan dianggap hal berat yang tidak etis.

2. Jangan menyebut / mempromosikan akun jualan kita di platform lain (toko orange, toko ijo, website, dll)

Jangan menyebut atau mempromosikan akun jualan kita di platform lain seperti Shopee, Tokopedia, website, Lazada, dan lain sebagainya. Bahkan jika kita hanya ‘kode’ tanpa menyebut merk (misal menyebut Toko Oren, Toko Ijo, dll) TikTok mampu mendeteksi hal tersebut dan kita akan berpotensi besar dianggap melakukan pelanggaran.

3. Kalau mewakili brand/company, jangan pakai baju terlalu terbuka

Jangan pakai baju yang terlalu terbuka seperti rok / celana yang terlalu mini (pendek), terlalu menunjukkan belahan, dan lain sebagainya. TikTok lebih ‘strict’ terhadap hal ini jika kita mewakili brand / company, dibandingkan dengan jika kita seorang individual / influencer yang mewakili diri sendiri.

4. Ajak interaksi audience biar tidak terbaca robot

Ajak interaksi audience agar kita tidak terbaca robot / rekaman. Mereka akan mendeteksi akun kita melakukan pelanggaran jika mereka menganggap live yang kita lakukan ialah rekaman.

Demikianlah informasi tentang tips agar TikTok Live tetap aman. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk melakukan Live TikTok yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan aplikasi TikTok.

VIDEO: 4 Tips Agar Live Tiktok Tidak Di Banned / Blokir / Dianggap Melanggar

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply