Jenis-Jenis Strategi Bidding Facebook Ads & Masing-Masing Fungsinya

Jeni- Jenis Strategi Bidding Facebook Ads Berdasarkan Tingkatan Objective nya dan masing – masing fungsinya — Hi, temen-temen digital marketer! Khususnya kalian-kalian yang memfokuskan pekerjaan sehari-hari dalam facebook ads. Apa sih, facebook ads itu? Facebook ads adalah sebuah ‘platform’ dimana kamu mengiklankan produkmu pada social media facebook. Selain memasangnya di facebook, kamu juga bisa menghubungankan iklan yang kamu buat ke instagram, loh! Jadi, kamu membuat ads pada dua platform social media sekaligus, yaitu facebook dan instagram. Kamu akan menghadapi dua pilihan, yaitu memasang iklan ads mu di facebook saja, atau memasangnya di instagram juga. Bagi yang belum familiar dengan facebook ads, kamu bisa melihat tutorialnya di sini, silakan klik: Tutorial Cara Membuat Facebook Ads Untuk Pemula

Nah, bagi yang sudah familiar, pasti sering berhadapan dengan strategi bidding di facebook ads. Apa sih strategi bidding facebook ads itu? Bidding adalah jenis pengeluaran budget / penawaran auction biaya iklan yang akan kita tentukan. Secara practical, itu adalah strategi biaya seperti apa sih kamu akan spending budget kamu? Gitu loh… Hihihi. Yuk, sekarang kita perdalam strategi bidding facebook ads sekarang juga.

Mengenal Strategi Bidding Facebook Ads Lebih Dalam

Nah, ketika kamu sudah mulai mendalami facebook ads, kamu akan paham kalau kamu bisa mengatur jenis strategi bidding facebook ads seperti apa yang ingin kamu tentukan saat menjalankan campaign facebook ads. Apa saja sih strategi bidding facebook ads itu? Yuk kita perdalam.

Strategi Bidding Facebook Ads

Nah, saat kamu membuat facebook ads, kamu akan menyadari jenis jenis pengeluaran ini sebagai berikut:

strategi bidding facebook ads

Kamu bisa lihat, setidaknya di tahun ini ada lima (5) macam bidding biaya yang ada pada facebook ads jika kamu ingin memasang iklan di sana.

Macam Macam Strategi Bidding Facebook Ads

Kamu lihat ada jenis – jenisnya, kan? Ada lowest cost, cost cap, bid cap, minimum ROAS, dan target cost. Yuk, kita kupas apa perbedaan dari macam macam bidding facebook ads tersebut!

Penjelasan Jenis-Jenis Strategi Bidding Facebook Ads

Nah, ini dia jenis-jenis strategi bidding facebook ads.

1. LOWEST COST / HIGHEST VALUE

Di tampilan paling awal pada saat kamu ingin menentukan jenis bidding pada facebook ads, akan tertampil pilihan LOWEST COST / HIGHEST VALUE. Apa sih, LOWEST COST / HIGHEST VALUE itu? Lowest cost / highest value, seperti apa yang disampaikan oleh facebook di tampilan tersebut, memberi tahu bahwa itu adalah strategi bidding facebook ads which get the most result for your budget. Ini adalah jenis bidding biaya yang secara otomatis di kontrol oleh facebook. Ada dua kunci utama dari penggunaan jenis bidding budget ini:

>> untuk membuat cost per optimization nya serendah mungkin
>> untuk menghabiskan seluruh budget dengan biaya seminim – minim nya
>> mendapatkan hasil sebanyak-banyaknya, semaksimal mungkin dengan budget yang ada

2. COST CAP

Yang kedua ada strategi bidding facebook ads COST CAP. Apa sih, COST CAP itu? Sesuai apa yang ditampilkan facebook pada kita, disitu tertulis bahwa COST CAP adalah jenis budget yang control your cost while getting the highest volume of result for your budget. Bagaimana sih, penggunaan jenis bidding ini secara efektif? Ada dua kunci utama dari penggunaan jenis bidding budget ini:

>> untuk membuat iklan mu memiliki budget yang keluar dengan semaksimal mungkin
>> namun tidak semahal jenis bidding target cost (akan dijelaskan di poin paling akhir nanti), dimana jenis bidding ini hanya akan menghabiskan kira – kira 10% dari jika kamu memasang jenis bidding dengan jenis target cost.

3. BID CAP

Di pilihan ketiga, kamu bisa melihat pilihan bidding BID CAP. Apa sih, jenis bidding budget facebook ads jenis BID CAP itu? Sesuai dengan apa yang ditampilkan facebook pada kita selaku user, BID CAP adalah jenis bidding that can control your bid in each auction. Jenis strategi bidding facebook ads ini bisa memberi tahu kita biaya maksimum yang bisa kita keluarkan di setiap auction nya, loh! :D. Jadi, ini ialah bidding agar kita bisa menetapkan biaya maksimum bidding agar tidak lebih dari itu.

4. MINIMUM ROAS

Pada opsi ke empat, kamu melihat jenis bidding facebook MINIMUM ROAS. Apa sih, MINIMUM ROAS itu? Facebook sudah memberi gambaran pada usernya bahwa minimum ROAS bidding can control your ROAS while getting highest purchase value for your budget. Jadi, strategi bidding facebook ads ini ialah untuk mendapatkan target ROAS sesuai yang kita inginkan. Hayo, siapa di antara kalian yang sudah pernah pakai bidding ini?

5. TARGET COST

Nah, yang terakhir ada jenis strategi bidding facebook ads “TARGET COST”. Apa sih, jenis bidding budget facebook ads jenis TARGET COST itu? Facebook sudah memberi tahu di tampilan tersebut pada user nya bahwa you can get a consistent cost per result. Artinya, kamu bisa mendapatkan cost per result yang konsisten (biaya dari setiap hasil goal iklan yang didapatkan). Jenis strategi bidding facebook ads ini cukup menjadi favorit para digital marketer yang biasa menggunakan facebook ads / instagram ads dalam memasarkan produk / layanan jasa bisnis / perusahaan mereka. Strategi bidding facebook ads ini juga disebut sebagai manual bidding, dimana kamu bisa mengontrol bidding kamu secara manual. Wah, kedengarannya ribet banget, ya?? Tapi bagi yang sudah sangat mendalami facebook ads, strategi bidding facebook ads satu ini bisa menjadi favorit mereka karena mereka bisa mengontrol biaya facebook ads mereka dengan lebih dalam lagi sesuai keinginan.

Nah, yang mana nih strategi bidding facebook ads yang menjadi favorit mu? Ada banyak yah jenis-jenisnya, dimana kamu bisa sesuaikan dengan goal iklan kamu. Facebook baru saja mengupdate strategi bidding nya. Ada apa saja? Yuk kita pelajari. Facebook mengupdate strategi bidding nya sesuai dengan target objective nya masing-masing. Ada apa sajakah? Tonton di video dari youtube www.thaniakhoedigital.com berikut ya:

VIDEO: JENIS-JENIS STRATEGI BIDDING FACEBOOK ADS BERDASARKAN OBJECTIVE IKLAN

Nah, sekarang temen-temen digital marketers sudah lebih memahami kan ya, apa saja strategi bidding facebook ads secara lebih dalam. Walaupun biasanya seorang digital marketer hanya menggunakan dua sampai tiga jenis strategi bidding facebook ads saja, namun secara idealnya mereka juga perlu memahami semua jenis strategi bidding facebook ads agar mampu menguasai pembuatan facebook ads secara menyeluruh. Terima kasih dan semangat selalu. 😀

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

This Post Has One Comment

  1. Karl

    READ THIS NOW —- How to generate over 4.000.000 in revenue selling only to the 20 of your customers Click here to know more“>”>”>

Leave a Reply