Cara Memasang Facebook Pixel Dengan Google Tag Manager

Cara Memasang Facebook Pixel Dengan Google Tag Manager Di Website Untuk Menganalisa Visitor Facebook Ads Kamu — Haaai teman – teman digital marketers! Bagi kalian yang sudah terbiasa membuat iklan di facebook ads, pasti sudah familiar dengan apa itu yang namanya facebook pixel. Apa sih yang dinamakan dengan ‘facebook pixel’ itu? Facebook pixel adalah semacam suatu tools atau system yang ada di facebook ads untuk melacak visitor – visitor facebook ads kamu. Misalnya seperti, tujuan akhir CTA / call to action (apa itu call to action) dari facebook ads kamu adalah website dari bisnis mu. Maka, kamu bisa memasang facebook pixel nya di website bisnis mu, sehingga kamu bisa men – track orang – orang yang mengunjungi website bisnis mu melalui facebook ads.

Facebook pixel pun bisa kamu atur sedemikian rupa tujuan pemasangannya sesuai dengan goal dari iklan kamu. Misalnya, dari iklan facebook ads tersebut kamu ingin men – track berapa visitor / calon customer potensial yang datang ke website mu, berapa visitor / calon customer potensial yang melakukan pembelian di website mu, berapa visitor / calon customer potensial yang melakukan trial pada produk di website mu, dan lain – lain sebagainya. Nah, sebagai langkah awal dalam melakukan analisa, kamu bisa memasang facebook pixel ke website bisnis mu terlebih dahulu. Bagaimana sih, cara memasang facebook pixel di website untuk menganalisa visitor facebook ads kamu? Yuk simak selengkapnya sampai habis. Sebenarnya, ada dua cara yang bisa kamu gunakan, yaitu dengan pemasangan code pixel (semacam coding) yang ditanam ke website mu dan dengan google tag manager.

Di artikel kali ini, kita akan membahas cara memasang facebook pixel dengan google tag manager. Apa sih, google tag manager itu? Google tag manager adalah sebuah sistem ‘manajemen tag’ yang disediakan Google untuk men – track, menganalisa, membuat laporan, dan menganalisa data – data digital marketing dengan menggunakan serangkaian code (log – in google tag manager ke: tagmanager.google.com).

Jika kamu ingin memasang pixel facebook dengan pemasangan code secara manual, kamu bisa mempelajarinya dengan klik link berikut: Cara Memasang Facebook Pixel (Dengan Copy Code Script Secara Manual Ke Website). Jika kamu juga ingin mempelajari cara memasang facebook pixel dengan google tag manager, silakan baca artikel ini sampai habis yah :D.

Memasang Facebook Pixel Dengan Google Tag Manager

Nah, selanjutnya akan dijelaskan cara – cara memasang facebook pixel dengan google tag manager di website. Yuk, simak caranya sebagai berikut.

1. PERTAMA, KAMU HARUS LOG – IN KE BUSINESS MANAGER ACCOUNT FACEBOOK KAMU TERLEBIH DAHULU DI: business.facebook.com

2. LALU YANG KEDUA, PILIH ADS MANAGER

3. LANGKAH SELANJUTNYA, KLIK PADA TANDA INI

4. SETELAH ITU, KLIK PADA BAGIAN YANG BERTULISKAN “EVENTS MANAGER

Cara Memasang Facebook Pixel Di Website

5. SELANJUTNYA, KLIK PADA BAGIAN BERTULISKAN “CONNECT DATA SOURCE”

6. SAAT MUNCUL TAMPILAN SEPERTI INI, PILIH LAH PADA “WEB”, LALU KLIK TOMBOL BUTTON BERWARNA BIRU YANG BERTULISKAN “GET STARTED”

Cara Memasang Facebook Pixel Di Website

7. AKAN TERTAMPIL TAMPILAN DIMANA KAMU BISA MENGGUNAKAN GOOGLE TAG MANAGER UNTUK MEMASANG FACEBOOK PIXEL. KLIK “CONFIRM”

Cara Memasang Facebook Pixel Dengan Google Tag Manager

8. SETELAH ITU, KLIK “CONTINUE”

Cara Memasang Facebook Pixel Dengan Google Tag Manager

9. KLIK LAH DI BAGIAN “CONTINUE”

Cara Memasang Facebook Pixel Dengan Google Tag Manager

10. FACEBOOK AKAN MEN – DIRECT KAMU UNTUK LOG – IN KE ACCOUNT GOOGLE TAG MANAGER MU. JIKA KAMU BELUM TER – DIRECT, KAMU BISA LOG IN KE GOOGLE TAG MANAGER DI: tagmanager.google.com

11. FACEBOOK AKAN MEN – DIRECT KAMU UNTUK LOG – IN KE ACCOUNT GOOGLE TAG MANAGER MU

Cara Memasang Facebook Pixel Dengan Google Tag Manager

12. KAMU AKAN TER – DIRECT KE PAGE ACCOUNT GOOGLE TAG MANAGER MU DAN FACEBOOK PIXEL MU TERPASANG

13. KAMU BISA KEMBALI KE ACCOUNT FACEBOOK MU

14. KLIK “FINISH SET UP”

15. MASUKKAN WEBSITE KAMU, LALU KLIK “CONTINUE”

Cara Memasang Facebook Pixel Dengan Google Tag Manager

16. SETELAH SELESAI PADA FACEBOOK, SEKARANG KITA MASUK KE GOOGLE TAG MANAGER (tagmanager.google.com)

17. KE BAGIAN “TEMPLATES”, LALU KE TAG TEMPLATES, KEMUDIAN “SEARCH GALLERY”

18. SEARCH “FACEBOOK PIXEL”

19. KLIK “ADD TO WORKSPACE” PADA BAGIAN ATAS KANAN, LALU KLIK “ADD”

google tag manager

20. KEMBALI KE “TAGS” —> “TAGS CONFIGURATION”

google tag manager

21. KE BAGIAN CUSTOM LALU PILIH —> “FACEBOOK PIXEL”

google tag manager

22. MASUKKAN “ID FACEBOOK PIXEL” KAMU, TENTUKAN “EVENT ACTION”, KEMUDIAN “SAVE”

google tag manager

23. TENTUKAN “TRIGGERS”, YAITU ACTION / EVENT APA YANG DILAKUKAN VISITOR YANG INGIN KAMU TRACKING

Nah, itu adalah tutorial cara – cara memasang facebook pixel dengan google tag manager di website bisnis mu yang bisa kamu terapkan ke website mu. (kamu juga bisa lihat videonya disini:)

VIDEO: Cara Memasang Facebook Pixel Dengan Google Tag Manager

Mengenal Jenis – Jenis Pixel Pada Facebook Yang Bisa Kamu Terapkan

Nah, sekarang kamu sudah mendapat gambaran bagaimana cara memasang pixel tersebut dengan google tag manager. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penerapan facebook pixel, diantaranya yaitu:

>> Melakukan analisa kepada visitor – visitor yang datang ke website mu melalui facebook ads

>> Melakukan analisa terhadap behavior (apa yang dilakukan visior – visitor mu) saat datang ke website mu

>> Menetapkan strategi digital marketing berdasarkan data analytics yang telah kamu dapatkan

Mengenal Jenis – Jenis Facebook Pixel Yang Bisa Kamu Gunakan Berdasarkan Tujuan Penggunaannya

Dikutip dari halaman www.tk-digital.id/2020/10/09/jenis-jenis-facebook-pixel, ini adalah jenis – jenis facebook pixel yang bisa kamu gunakan berdasarkan tujuan penggunaannya:

1. View Content
Jenis Jenis Facebook Pixel

Jenis facebook pixel yang pertama ada view content. View content adalah jenis facebook pixel dimana orang yang melihat ads mu mem – visit website yang kamu jadikan call to action dalam ads. Misalnya halaman produk, landing page atau artikel, atau page – page lainnya. Pada intinya, jenis dari pixel ini ditanamkan jika kamu ingin melihat orang yang akan mem – visit website mu atau salah satu page dalam website mu.

2. Lead

Yang kedua, ada jenis facebook pixel lead. Jenis facebook pixel lead ini bisa kamu tanam jika kamu ingin mengukur orang – orang / calon customer yang nantinya akan menghubungi kamu nantinya, misalnya seperti orang yang mengisi form tertentu. sign up untuk trial layanan mu, dan lain – lain sebagainya.

3. Schedule

Lalu selanjutnya yang ketiga, ada jenis facebook pixel schedule. Facebook pixel schedule ini bisa kamu pasang untuk mendalami orang – orang yang janjian dengan kamu.

4. Initiate Checkout

Keempat, ada jenis facebook pixel initiate checkout. Jenis facebook pixel ini diperuntukkan untuk kamu yang ingin men – track jenis customer yang memulai checkout process pada website mu.

5. Customise Product
Cara Memasang Facebook Pixel Dengan Google Tag Manager

Jenis facebook pixel yang kelima adalah customise product. Ini bisa disesuaikan berdasarkan dengan configuration tools pada produk di website mu. Jenis facebook pixel ini diperuntukkan untuk kamu yang ingin men – track customer yang melakukan product customisation.

6. Start Trial

Facebook pixel yang keenam dinamakan start trial. Pixel ini diperuntukkan jika kamu ingin men – track customer yang melakukan percobaan trial ke bisnis mu.

7. Purchase

Facebook pixel selanjutnya, kamu bisa melihat bahwa ada jenis purchase. Sesuai namanya, jenis facebook pixel purchase ini diperuntukkan jika kamu ingin men – track customer yang melakukan pembelian di website mu melalui ads, seperti action buying, ada di page transaction receipt, dan lain – lain sebagainya.

8. Find Location

Pada facebook pixel selanjutnya, kamu bisa melihat ada pixel facebook find location. Jenis pixel ini bisa kamu gunakan jika ingin men – track customer yang menemukan lokasi bisnis mu (finding your location, dan lain sebagainya).

9. Add Payment Info

Selanjutnya, ada jenis facebook pixel add payment info, dimana jenis pixel ini bisa kamu gunakan jika kamu ingin men – track customer – customer yang sampai di halaman payment kamu (addition of customer payment information), misalnya information during checkout, atau seperti customer yang menyimpan bill mereka.

10. Complete Registration
Cara Memasang Facebook Pixel Dengan Google Tag Manager

Selanjutnya, ada lagi pixel dari facebook yang diberi label nama complete registration. Sebenarnya, penggunaan pixel complete registration ini lumayan ‘nyaru’ dan ‘kurang jelas’ untuk apa, tapi kebanyakan orang advertiser / digital marketer menggunakannya pada bagian form. Mereka menggunakan pixel ini untuk orang – orang / customer mereka yang mengisi sebuah form, misalnya untuk calon customer yang menukar data mereka dengan sebuah produk / layanan.

11. Search

Kemudian, facebook pixel juga memiliki pixel yang diberi label nama search. Jenis pixel ini diperuntukkan untuk orang – orang yang melakukan pencarian pada website mu. Biasanya, sebuah website memiliki kolom search tersendiri. Contohnya, seperti di website ini (www.tk-digital.id) :

Cara Memasang Facebook Pixel Dengan Google Tag Manager

Dimana kamu bisa melakukan pencarian apapun yang kamu inginkan. Misalnya, seperti saya yang di website www.tk-digital.id ingin belajar Google Ads (iklan pada Google), sehingga saya mencari tentang Google Ads.

Cara Memasang Facebook Pixel Dengan Google Tag Manager

Nah, pixel ini diperuntukkan untuk customer yang melakukan pencarian di website mu seperti itu.

12. Contact

Setelah itu, ada facebook pixel contact. Dengan pixel contact ini, kamu bisa men – track calon customer yang menghubungi bisnis / perusahaan mu melalui ads.

13. Submit Application

Facebook pixel submit application diperuntukkan untuk orang – orang melakukan submission.

14. Add to Cart

Ada juga pixel facebook yang bernama add to cart. Dari namanya saja, tentunya pixel ini diperuntukkan dengan sangat spesifik untuk orang – orang yang melakukan action add to cart pada website mu melalui ads.

15. Donate
Cara Memasang Facebook Pixel Dengan Google Tag Manager

Selanjutnya, masih ada facebook pixel bernama donate. Dari label namanya saja, tentunya pixel ini diperuntukkan dengan sangat spesifik untuk orang – orang yang melakukan action donate yang ada pada website mu melalui ads.

16. Subscribe

Facebook pixel subscribe ini diperuntukkan dengan sangat spesifik untuk orang – orang yang melakukan action subscribe pada website mu melalui ads.

17. Add to Wishlist

Facebook pixel add to wishlist ini diperuntukkan dengan sangat spesifik untuk orang – orang yang melakukan action add to wishlist pada website mu melalui ads.

Nah, itu dia jenis – jenis pixel facebook yang bisa kamu gunakan berdasarkan apa tujuan dari facebook ads mu yah! 😀 Belajar lebih lanjut silakan kunjungi www.thaniakhoedigital.com

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

This Post Has 4 Comments

  1. Pangeran Publisher

    Terimaksh membantu..

    1. Thania Kusmalinda

      Goodluck yah 🙂

    1. Thania Kusmalinda

      :))

Leave a Reply