Pengertian Marketing Mix 7P Yang WAJIB Kamu Kuasai

Pengertian Marketing Mix 7P
Sumber Gambar Ilustrasi: Freepik

Pengertian Marketing Mix 7P yang Harus Kamu Kuasai dan Pahami Dalam Strategi Marketing Kamu — Marketing Mix 4P ialah bauran pemasaran yang kita kenal sebelumnya, yaitu price (harga), place (tempat), product (produk), dan promotion (promosi). Namun, dalam kondisi terkini nya, marketing mix tersebut sudah ter-update menjadi marketing mix 7P yaitu price (harga), place (tempat), product (produk), promotion (promosi), people (manusia), process (proses), dan physical environment. Yuk, kita pelajari detailnya.

Pengertian Marketing Mix 7P Dalam Bauran Pemasaran

Nah, yuk langsung saja kita pelajari.

1. PRICE (HARGA)

Dalam menentukan harga yang kamu tetapkan, kamu harus bisa meyakinkan customer bahwa harga yang mereka bayar untuk membeli produk mu itu sesai dengan apa yang mereka dapatkan. Apakah sesuai dengan harga pasaran, mau lebih mahal, atau lebih murah. Bagaimana penentuan strategi harga, promosi, atau diskon yang ingin kamu tetapkan. Dan juga, kamu harus menganalisa apakah target market mu mempedulikan / sensitive terhadap harga produk. Di tahap ini, fokus lah kepada strategi bahwa harga yang dikeluarkan customer akan sesuai dengan kualitas yang akan mereka dapatkan dari produk mu.

2. PLACE (TEMPAT)

Di point ini, kamu perlu memikirkan dimana customer bisa membeli produk mu. Apakah di toko, mall, mini market, dan lain sebagainya. Juga, kamu memikirkan bagaimana customer bisa membeli produk mu. Apakah offline atau online? Langsung ke produsen, atau melalui pabrik? Kamu juga bisa melakukan analisis terhadap kompetitor mu agar bisa memberikan strategi yang berbeda untuk mendapatkan attention customer. Tentunya, dalam strategi ini, kamu perlu memunculkan ‘toko’ yang ‘strategis’ (baik itu offline maupun online) agar mudah dijangkau oleh customer potensial.

3. PRODUCT (PRODUK)

Di point ini, kamu harus fokus pada pengembangan produk. Apa yang diinginkan customer dari produk mu? Bagaimana fitur/value produk mu bisa menyelesaikan masalah mereka? Kapan customer membutuhkan produk mu? Bagaimana/seperti apa customer membutuhkan produk mu? Bagaimana product identity (identitas produk) dari produk yang kamu provide untuk masyarakat? [pelajari mengenai product identity / identitas produk di sini] Apa pembeda / diferensiasi produk mu dengan kompetitor mu? Di titik ini, kamu fokus dalam menciptakan produk yang memiliki keunikan dan keunggulannya tersendiri untuk meningkatkan daya saing di pasar.

4. PROMOTION (PROMOSI)

Promosi dilakukan untuk mengenalkan produk mu kepada target market, menambah jumlah konsumen, dan memotivasi mereka agar membeli produk mu. Melalui promosi lah marketer mengkomunikasikannya kepada masyarakat. Kamu harus memikirkan dimana kamu akan melakukan promosi, apakah di media offline atau online. Lalu, kapan kamu harus melakukan promosi (moment – moment nya). Dan, perhatikan juga bagaimana kompetitor mu melakukan promosi agar kamu mendapatkan insight bagaimana perang promosi di pasaran.

5. PEOPLE (SUMBER DAYA MANUSIA)

Tak dapat dipungkiri bahwa sumber daya manusia dalam suatu perusahaan adalah hal yang penting. SDM yang memadai mampu meningkatkan kinerja perusahaan. Baik dari segi ilmu, skill, attitude, dan etika. Mulai dari back office sampai front office. Analisis bagaimana SDM bisnis dan apakah SDM dalam bisnis sudah memadai atau belum.

6. PROCESS (PROSES)

Nah, di marketing mix 7P ini, bagaimana proses datangnya customer sampai terjadinya sales itu sudah dianggap penting dan dianggap bahwa ini benar – benar perlu diperhatikan. Untuk memberikan experience yang baik bagi customer, tentunya dibutuhkan SDM yang memadai dalam setiap prosesnya untuk mencapai hasil yang maksimal.

7. PHYSICAL ENVIRONMENT

Ini merupakan tampilan fisik usaha. Visual sangat lah penting dalam marketing mix. Bagaimana tampilan fisik dari toko mu (online maupun offline) bisa menarik perhatian dan memberi kenyamanan bagi customer?

Nah, itulah strategi nya yang perlu kamu ketahui

Nah, itulah pengertian marketing mix 7P strategy yang perlu kalian ketahui.

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply