Pengertian Marketing Mix 4E : Digitalisasi | Pergeseran 4P Ke 4E

Pengertian Marketing Mix 4E
Sumber Foto: Freepik

Pengertian Marketing Mix 4E — Sebuah transformasi digital | Di era sekarang ini, teori keilmuan marketing semakin ter-update. Dulu, kita mengenal marketing mix 4P yaitu price (harga), place (tempat), product (produk), dan promotion (promosi). Namun, di era digital ini ada pergeseran dari marketing mix 4P ke marketing mix 4E, yaitu experience, exchange, every place, dan evangelist. Yuk, kita bahas selengkapnya.

Marketing Mix 4E (Experience, Exchange, Every Place, dan Evangelist)

Nah, langsung saja kita bahas.

1. EXPERIENCE

Experience konsumen yang lebih baik harus dibangun agar mereka merasa terhubung dan terkoneksi dengan suatu merek. Mereka melihat history dan sejarah dari perjalanannya mencari tahu tentang produkmu seperti saat mereka mulai dari melihat website mu, social media mu, sampai bagaimana mereka membeli produk mu. Kamu harus memahami customer journey dari target pasar mu. Di sinilah peran content marketing harus dikuatkan, dimana kamu harus bisa member mereka story telling dan masuk ke emosi mereka agar mereka bisa engage dengan produk mu.

2. EXCHANGE

Exchange berfokus pada apa yang didapatkan oleh konsumen setelah mereka ‘bersedia’ untuk membeli produk mu, membuat mereka bangga, dan imej apa yang produk mu berikan pada diri mereka.

3. EVERY PLACE

Saat ini, ada banyak media yang bisa dipakai untuk mempromosikan suatu produk. Baik itu media online maupun media offline. Seperti website atau sosial media. Hal ini agar info mengenai produk mu lebih mudah di akses dan diketahui oleh calon konsumen potensial. Jangan hanya berpaku pada satu channel saja. Tapi, pakailah semua yang bisa kamu pakai. Kamu juga bisa mengacu pada 6 pillar of digital marketing (6 pilar digital marketing).

4. EVANGELISM

Di sini, konsumen berperan sebagai brand evangelism yang akan menyebarkan mengenai produk mu. Mereka bisa menyebarkannya ke rekan – rekannya, teman – temannya, keluarganya, dan lain sebagainya. Karena evangelism ini bisa menjadi media yang cepat untuk penyebaran informasi sebuah produk. Tapi, pastinya jika mereka menyebarkan cerita baik mengenai produk mu. Jika mereka menyebarkan cerita buruk, itu jelas bukan hal yang baik bagi brand mu.

Sekian…

Itulah artikel tentang pengertian marketing mix 4E yang merupakan transformasi digital di era teknologi ini.

Baca Juga…

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply