4 Jenis Email Marketing Yang Harus Kamu Tahu

4 Jenis Email Marketing

Email marketing bisa dibilang menjadi salah satu dari bagian tools CRM, yaitu customer relationship management (tools untuk berinteraksi dengan klien / pelanggan). Email marketing adalah salah satu tools yang banyak digunakan oleh para pemasar digital dari perusahaan atau suatu bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan – pelanggan atau klien – klien mereka melalui email. Fungsi dari email marketing sendiri bisa beraneka ragam nya, seperti:

  1. Memberikan informasi mengenai promosi – promosi atau diskon – diskon / potongan harga produk terbaru atau layanan terbaru dari perusahaan
  2. Memberikan informasi mengenai event atau acara yang di adakan oleh perusahaan
  3. Memberikan info kuis (jika perusahaan sedang mengadakan kuis) yang di adakan oleh perusahaan
Sumber ilustrasi gambar: workana.com

Sebagai digital marketer yang biasa menggunakan email marketing untuk berinteraksi dengan pelanggan / klien mereka, pastinya mereka sudah familiar dengan berbagai macam tujuan dari penggunaan email marketing tersebut. Namun, untuk lebih jelasnya, email marketing sendiri bisa digolongkan ke dalam 4 macam.

4 Jenis Email Marketing

Email marketing sendiri bisa berbentuk dalam tipe:

1. INVITATION EMAIL

Invitation email merupakan bentuk undangan terhadap klien / pelanggan perusahaan untuk acara – acara / event – event yang diadakan perusahaan.

2. NEWSLETTER

Newsletter adalah email yang berisi informasi mengenai produk atau layanan perusahaan yang dikirimkan kepada klien / pelanggan sebagai pemberi informasi.

3. DIGEST EMAIL

Digest email adalah jenis email yang dikirim secara berkala pada klien / pelanggan perusahaan, dimana kamu bisa men – setting pengiriman email tersebut dalam periode beberapa hari, minggu, atau dalam beberapa bulan (misalnya setiap beberapa hari sekali, beberapa minggu sekali, atau beberapa bulan sekali).

4. SPONSORSHIP EMAIL

Email sponsorship merupakan jenis email yang dipasang berbayar dengan ads pada gmail.

Keempat jenis email marketing tersebut bisa kamu terapkan pelaksaan strategi nya dengan menggunakan tools email marketing. Jenis email marketing bisa kamu bedakan berdasarkan tujuan penggunaan email yang ingin kamu kirim / buat campaign nya terhadap klien – klien atau pelanggan – pelanggan dari perusahaanmu.

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

This Post Has 2 Comments

  1. Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

    1. Thania Kusmalinda

      Thank youuuu

Leave a Reply