Cara Membuat Website E-Commerce Walaupun Bukan Programmer

Cara Membuat Website E-Commerce Walaupun Bukan Programmer — Gimana sih, cara gampang membuat website E-Commerce untuk kita – kita yang bukan programmer? Yuk akan di sharing kan di artikel kali ini. Tapi, yang dimaksud di artikel kali ini ialah website toko online E-Commerce satu arah yah, toko online E-Commerce dengan kita sebagai pemilik perusahaan menjual barang ke konsumen kita (business to consumer / B2B). Bukan E-Commerce dua arah seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, atau marketplace – marketplace lain sejenisnya.

Sumber Gambar Ilustrasi: Freepik

Tips cara membuat website E-Commerce walaupun bukan programmer ini merupakan tips untuk kita – kita pebisnis atau digital marketer pemula yah, dan yang bukan programmer. Kalau kalian programmer, skip aja, karena kalian pasti bisa membuat yang lebih bagus dari tips yang ada di artikel ini. :p

Cara Membuat Website E-Commerce Walaupun Bukan Programmer

Apa saja tips nya? Yuk langsung saja akan dijelaskan.

1. Siapkan Website (Misalnya WordPress), Dengan Template Tanpa Perlu Kita Coding Sendiri

Pertama – tama, siapkan website yang dibuat berdasarkan template. Jadi, walaupun kita bukan programmer dan tidak bisa coding, kita bisa mengatur susunan / tata letak / konten website kita. Untuk contoh mudah nya, kita bisa menggunakan website berbasis WordPress.

Nah, jika kita telah memutuskan untuk menggunakan website yang berbasis WordPress, jangan lupa pasang plug-in WooCommerce. Plug-in WooCommerce ini ialah plug-in untuk website WordPress supaya website toko online kita bisa melakukan transaksi. Jika bingung, kita bisa sampaikan ini ke vendor penyedia website / hosting / domain di tempat dimana kita membeli website. Jelaskan saja kebutuhan kita, website seperti apa yang kita inginkan.

2. Gunakan Payment Gateway Yang Mudah dan Praktis

Gunakan payment gateway yang mudah dan praktis. Payment gateway adalah “alat pembayaran” suatu transaksi dalam layanan E-Commerce yang mengotorisasi berbagai proses pembayaran baik itu dalam sistem perbankan seperti kartu kredit, transfer bank, secara langsung dari konsumen, atau dari media – media lain seperti over the counter, dan lain – lain. Kita bisa menggunakan payment gateway yang mudah, contohnya:

Kita perlu menggunakan ini agar nantinya konsumen bisa melakukan pembayaran ke website toko online kita melalui transfer bank, kartu kredit, atau sistem pembayaran yang praktis lainnya.

3. Integrasikan Website Toko Online Kita dengan Payment Gateway

Setelah proses tahap 1 dan tahap 2 selesai, tahap selanjutnya ialah kita harus mengintegarsikan website toko online kita dengan payment gateway. Nantinya, pembayaran ke website toko online kita bisa melalui transfer bank, kartu kredit, atau sistem pembayaran yang praktis lainnya secara otomatis dan bisa langsung dibayarkan, kurang lebih seperti ini:

cara membuat website e-commerce walau bukan programmer

Mudah kan? Nah, kitulah cara membuat website E-Commerce walaupun bukan programmer.

Baca Juga:

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply