Cara Membuat Iklan Tokopedia (Iklan Produk, Toko, & Display)

Cara Membuat Iklan Tokopedia (Iklan Produk, Iklan Toko, dan Iklan Display Network) – Written by Celine Abigail B. & Thania Kusmalinda | Saat ini di negara kita, siapa yang tidak mengenal platform Tokopedia? Tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita, bukan? Ya, marketplace Tokopedia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang internet, sehingga memungkinkan banyak individu dan para pebisnis di Indonesia untuk mengembangkan bisnis online mereka secara menyeluruh dan gratis dengan target pasar yang luas. Dan perlu diketahui, salah satu hal terpenting dalam berbisnis adalah dengan membuat iklan. Namun, kalian tidak perlu khawatir, karena terdapat fitur TopAds. Dengan fitur ini, maka Tokopedia akan membantu produk kalian agar lebih mudah ditemukan oleh para konsumen (pembeli). Nah, apakah sekarang kalian penasaran, bagaimana sih cara membuat iklan di Tokopedia? Tidak perlu khawatir, berikut adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat iklan di Tokopedia.

Oh ya, sebelumnya, kita jelaskan terlebih dahulu jika ada 3 tipe iklan di Tokopedia sekarang ini, yaitu iklan produk, iklan toko, dan iklan display network.

Cara Membuat Iklan Tokopedia

Iklan Produk Tokopedia

Ini adalah iklan produk Tokopedia:

cara membuat iklan tokopedia
Tampilan Iklan Produk Tokopedia

Inilah langkah-langkah cara membuat iklan Tokopedia untuk iklan produk.

1. Pergi ke Toko kita, klik icon Toko di bagian atas kanan, kemudian pilih Cek Tokopedia Seller

cara membuat iklan tokopedia

2. Pilih Iklan dan Promosi, kemudian Iklan TopAds

cara membuat iklan tokopedia

3. Klik —> Buat Iklan Baru (tombol berwarna hijau)

4. Ada dua jenis, yaitu Iklan Otomatis (budget dan keyword diatur oleh Tokopedia) dan juga Iklan Manual (budget dan keyword diatur oleh kita sendiri). Pilih yang mana saja, bebas. Di artikel kali ini, sebagai contoh kita memilih Iklan Manual.

cara membuat iklan tokopedia

5. Buat Nama Grup Iklan, kemudian pilih produk yang ingin di iklan-kan

cara membuat iklan tokopedia

6. Untuk Biaya Iklan dan Kata Kunci, bisa pilih Atur Otomatis (diatur oleh Tokopedia) atau Atur Manual (diatur oleh kita sendiri). Sebagai contoh, kita pilih Atur Manual agar kita bisa menentukan sendiri keyword-keyword yang ingin kita bidik dalam beriklan. Kemudian, klik Tambah Kata Kunci untuk menambahkan keyword

cara membuat iklan tokopedia

7. Ketikkan kata kunci, kemudian akan muncul rekomendasi keyword, volume pencarian, kompetisi, dan biaya per klik. Teman-teman bisa pilih keyword di bagian ini

cara membuat iklan di tokopedia

8. Di bagian ini, teman-teman bisa atur budget harian untuk beriklan

cara membuat iklan tokopedia

9. Jika sudah, pilih —> iklankan

cara membuat iklan tokopedia

Iklan Toko

Selanjutnya, ada iklan toko. Beginilah tampilan iklan toko di Tokopedia:

Tampilan Iklan Toko di Tokopedia

Untuk membuat Iklan Toko di Tokopedia, teman-teman bisa kembali ke dashboard iklan Tokopedia, dan pilih nomor 2 (kotak warna hitam bertuliskan Iklan Toko). Kemudian, buatlah iklan dari sana.

Untuk biaya iklan dan keyword, teman-teman juga bisa memilih untuk mengaturnya secara otomatis (diatur oleh Tokopedia) atau secara manual (kita atur sendiri).

Iklan Display Network Tokopedia

Beginilah contoh tampilan iklan Display Network (yang berbentuk banner) di Tokopedia:

cara membuat iklan tokopedia
Contoh Tampilan Iklan Display Network Tokopedia (Source: Tokopedia Display Network Ads Guideline)

Untuk membuatnya, dari dashboard ads Tokopedia, teman-teman bisa pilih nomor 3 (Display Network) dan buat iklan dari sana.

Untuk biaya iklan dan keyword, teman-teman juga bisa memilih untuk mengaturnya secara otomatis (diatur oleh Tokopedia) atau secara manual (kita atur sendiri).

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat iklan di Tokopedia. Tentunya dengan beriklan melalui internet, khususnya platform Tokopedia dapat memperluas target pemasaran dan jauh lebih menguntungkan bagi para penjual agar produk mereka dapat dikenal secara luas. Selain itu, cara ini lebih ramah lingkungan dan tidak banyak memakan biaya, daripada mencetak iklan secara fisik. Selamat mencoba.

Cara Membuat Iklan Tokopedia | Iklan Produk, Iklan Toko, dan Iklan Display Network (Video)

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply