6 Tips Optimasi SEO Untuk Website E-Commerce

6 Tips Optimasi SEO Untuk Website E-Commerce (Written by Celine Abigail B. dan Thania Kusmalinda) – Di era yang sekarang ini, di dalam dunia e-commerce sedang  mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sekarang hampir seluruh bisnis memiliki website e-commerce mereka masing-masing. Dengan keberadaan website e-commerce saat ini, SEO (search engine optimization) untuk e-commerce pun juga ikut berkembang dan mengalami perubahan. Perlu kita ingat bahwa menggunakan SEO untuk website e-commerce harus sangat diperhatikan, karena SEO sendiri merupakan salah satu kunci agar website yang kita miliki dapat dengan mudah muncul ketika dicari oleh orang-orang. Tentunya dengan menerapkan SEO e-commerce dapat membantu kalian dalam menambah penjualan. Umumnya orang-orang yang ingin berbelanja secara online selalu memulai proses pembelian dengan mencari produk melalui search engine.  Maka dari itu kalian perlu memahami bagaimana sih cara agar website kalian muncul di halaman hasil search engine.

Penasaran bagaimana caranya? Berikut adalah 6 tips optimasi SEO untuk website e-commerce agar lebih mudah ditemukan. Kami merangkum terdiri dari 5 tips optimasi SEO ON-PAGE dan 1 tips optimasi SEO OFF-PAGE. Namun perlu digarisbawahi, berikut adalah tips dasar. Tentunya, masih ada banyak lagi tips expert / tips lanjutan yang perlu dikuasai untuk menduduki peringkat pertama hasil pencarian Google.

5 Tips Optimasi SEO On-Page Untuk Website E-Commerce

1. Pilihlah keyword yang tepat dan cocok dengan produk

2. Masukkan keyword yang telah ditentukan ke slug (link/permalink) halaman produk

3. Atur komposisi keyword (keyword repetition) pada halaman produk, tetap ingat jangan sampai terlalu banyak (too much)

4. Sebelum upload gambar, rename nama file dengan keyword (ini tidak mandatory, namun bisa dicoba siapa tau membantu)

5. Masukkan keyword ke dalam alt text

Tips Optimasi SEO Off-Page Untuk Website E-Commerce

Kemudian, bagaimana tips optimasi SEO off-page untuk website e-commerce? Yaitu dengan backlink yang sehat tentunya, apakah harus langsung nge-backlink ke halaman produk? Itu terlalu berat, teman-teman bisa mencoba dengan memulai backlink ke homepage website. Kemudian baru diimbangi dengan backlink ke halaman produk.

Nah, itulah 6 tips optimasi SEO untuk website e-commerce, yang terdiri dari 5 tips on-page dan 1 tips off-page. Marik bukan? Selamat mencoba.

VIDEO: 6 Tips Optimasi SEO Untuk Website E-Commerce

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply