5 Tingkatan Produk / Level Produk dan Contohnya

5 Tingkatan Produk - 5 Level Produk
Sumber: www.thaniakhoedigital.com

5 Tingkatan Produk / Level Produk dan Contohnya — Ada 5 tingkatan produk pada sebuah brand yang kamu hasilkan. Apa saja sih, kelima dari tingkatan – tingkatan produk tersebut?

5 Tingkatan Produk

5 tingkatan produk tersebut terdiri dari:

1. MANFAAT INTI DASAR DARI PRODUK (CORE BENEFIT)

Hal ini berkaitan dengan manfaat paling dasar yang diberikan dari produk / jasa tersebut. Contohnya coffee shop, dimana ini berarti ia menjual kopi.

2. MANFAAT UMUM DARI PRODUK (BASIC PRODUCT / GENERIC PRODUCT)

Ini berarti produk – produk umum / generic yang dijual. Misalnya kamu membuka coffee shop, maka yang dijual adalah berbagai capuccino, mocchaccino, arabika, kopi hitam, kopi susu, dan lain sebagainya.

Misal kamu membuka restoran cepat saji, maka basic product / generic product ini terdiri dari ayam goreng, nasi, kentang goreng, es soda, dan lain sebagainya.

3. MANFAAT YANG MENJADI EKSPEKTASI / HARAPAN KONSUMEN (EXPECTED PRODUCT)

Ini adalah komponen produk yang diharapkan dari suatu produk. Misalnya, orang datang ke coffee shop, mereka mengharapkan tempat kafe yang keren, cozy, ber – AC, atau memiliki wifi.

4. NILAI TAMBAH YANG DIMILIKI PRODUK (AUGMENTED PRODUCT)

Nilai tambah yang dimiliki produk ialah nilai yang bisa menjadi pembeda produk / jasa mu dengan kompetitor. Misalnya kamu membuka jasa les / kursus Bahasa Mandarin, kemudian kamu berani memberi garansi tiga bulan si murid akan langsung bisa Bahasa tersebut (dimana kompetitor tidak memberi garansi semacam itu).

5. PRODUK YANG BERPOTENSI (POTENTIAL PRODUCT)

Produk yang berpotensi adalah semua komponen yang nantinya akan terus membuat konsumen merasa puas. Misalnya, kamu membeli sebuah handphone canggih. Handphone tersebut memiliki loading yang cepat, memory yang besar, kamera yang bagus, baterai yang awet, hingga suara yang jelas. Sehingga produk tersebut terlihat ‘hampir sempurna’ dan membuat pelanggan merasa sangat terpuaskan.

Baca Juga Lainnya…

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply