4 Cara Meningkatkan Penjualan di TikTok Shop

4 Cara Meningkatkan Penjualan di TikTok Shop (Written by Ariya Eka Alel & Thania Kusmalinda) | Setuju atau tidak, TikTok telah menjadi sebuah fenomena yang harus diakui eksistensinya saat ini di Indonesia. Tercatat sejak tahun 2022, TikTok berhasil mengumpulkan setidaknya sebanyak 99,1 juta orang pengguna di negara ini. Sehingga, tidak heran jika fitur “Shop” yang ada di TikTok kian digandrungi oleh para pengusaha Tanah Air. 

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh The Social Commerce Landscape in Indonesia, 85% masyarakat Indonesia mengaku pernah berbelanja melalui aplikasi sosial media dan 45% diantaranya memilih berbelanja di fitur TikTok Shop. 

Video live menjadi salah satu cara terpopuler untuk meningkatkan penjualan di TikTok Shop yang banyak dilakukan oleh penjual untuk menarik minat pembeli dan hal ini terbukti menghasilkan, karena 85% pengguna TikTok ternyata lebih senang melakukan pembelian setelah menyaksikan video live. Lalu, bagaimana cara efektif lainnya untuk meningkatkan penjualan di TikTok Shop? Mari kita simak penjelasan selengkapnya mengenai 4 cara meningkatkan penjualan di TikTok Shop pada ulasan berikut ini.

4 Cara Meningkatkan Penjualan di TikTok Shop

1. Salah Satu Cara Meningkatkan Penjualan di TikTok Shop ialah dengan Rutin Melakukan LIVE

Ya, teman-teman bisa melakukan LIVE untuk berjualan sebagai salah satu cara meningkatkan penjualan di TikTok Shop. Durasi LIVE yang disarankan ialah minimum 2 jam.

2. Dengan Beriklan, Mengiklankan TikTok Shop

Cara meningkatkan penjualan di TikTok Shop yang kedua ialah beriklan dengan TikTok Ads Manager. Kita perlu membuat account-nya terlebih dahulu. Ada berbagai jenis bentuk iklan yang bisa dijalankan, yaitu iklan LIVE atau iklan video feed. TikTok Ads ini juga memiliki berbagai objektif (tujuan) dalam beriklan mulai dari Awareness, Consideration, hingga Conversion seperti penjualan/sales (pelajari cara membuat TikTok Ads di sini).

3. Membuka Affiliate Marketing

Cara meningkatkan penjualan di TikTok Shop lainnya ialah, teman-teman bisa membuka affiliate marketing di TikTok Shop kita. Nantinya, creator lain akan bisa menjual produk TikTok Shop kita dan mendapat komisi dari toko kita jika telah berhasil mendapatkan penjualan. (pelajari cara membuka affiliate marketing TikTok Shop di sini).

4. Dengan SEO

Yup, rupanya social commerce seperti TikTok juga membutuhkan teknik SEO. Seperti apakah maksudnya? Misal kita mencari catokan rambut dengan keyword “catokan rambut”, maka produk yang sesuai akan muncul.

Cara Meningkatkan Penjualan di Tiktok Shop

Maka keyword tersebut (catokan rambut, dsb) bisa dimasukkan ke judul produk atau deskripsi produk, agar produk kita dapat muncul pada target customer yang sesuai.

Itu dia beberapa cara meningkatkan penjualan di TikTok Shop. Selamat mencoba!

Video: 4 CARA MENINGKATKAN PENJUALAN DI TIKTOK SHOP

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply