Perbedaan Promosi Marketing ATL, BTL, dan TTL

ATL, BTL, dan TTL
Sumber Ilustrasi Gambar: Freepik

ATL, BTL, dan TTL adalah merupakan bagian dari aktivitas pemasaran. Nah, apa sih perbedaan dari ketiganya? Mari kita bahas pada artikel kali ini.

Perbedaan ATL, BTL, dan TTL dalam Aktivitas Pemasaran

ATL – Above The Line

ATL atau Above The Line adalah aktivitas pemasaran yang ‘biasa nya’ dilakukan oleh manajemen pusat untuk membentuk brand image yang diinginkan. Aktivitas ini bertujuan untuk menciptakan brand image yang ‘besar’, menjangkau market share / pangsa pasar yang lebih luas. Media untuk aktivitas pemasaran dari above the line ini bisa menggunakan televisi, radio, social – social media, atau metode massive advertising yang lainnya.

BTL – Below The Line

BTL atau Below The Line adalah aktivitas pemasaran yang ‘biasa nya’ dilakukan oleh manajemen middle untuk melakukan interaksi dengan market potensial. Aktivitas ini bertujuan untuk mendapatkan customer insight dari konsumen (pelajari apa itu customer insight dengan klik di sini). Media untuk aktivitas pemasaran dari below the line ini bisa menggunakan komen – komen social media, message social media, pesan whatsapp, live chat / bot pada website, dan lain sebagainya.

TTL – Through The Line

TTL atau Through The Line adalah kombinasi dari aktivitas pemasaran ATL (Above The Line) dan BTL (Below The Line). Yap, seiring dengan perkembangan jaman, aktivitas pemasaran semakin ber – variatif, dan muncul lah kombinasi – kombinasi kolaborasi antara aktivitas ATL dan aktivitas BTL. Semua hanya menyesuaikan sesuai tujuan yang ingin dicapai sesuai dengan fungsi aktivitas yang sebagaimana mestinya.

Tentunya, aktivitas pemasaran ATL, TTL, dan BTL memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Kamu bisa menyesuaikan penggunaannya dengan strategi pemasaran kamu.

Baca Juga Materi Lainnya di www.thaniakhoedigital.com…

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply