Job-Desc Team E-Commerce (Staff, Specialist, dll) Di Perusahaan

Job-Desc Team E-Commerce (Staff, Specialist, dll) Itu Di Perusahaan, Biasanya Ngapain? (Written by Thania Kusmalinda, Edited by Ariya Eka Alel) | Apakah kamu bagian dari team e-commerce di sebuah perusahaan atau kamu berniat ingin mendaftar pekerjaan di divisi ini? Jika iya, maka kamu perlu mengetahui apa saja job-desc atau tugas dari e-commerce team sehingga ketika kamu bergabung nanti kamu sudah tahu harus melakukan apa.

Job-Desc Team E-Commerce (Staff, Specialist, dll) Di Perusahaan Itu Biasanya Ngapain? Ini Area Work of Scope-nya Secara Umum

Adapun tugas dari tim ini secara umum adalah sebagai berikut.

Memantau dan Turut Menjaga Performa Toko

Tugas dari seorang yang bekerja di tim e-commerce adalah memantau dan turut berkontribusi dalam menjaga performa toko, baik itu dari segi penjualan maupun dari segi pelayanan terhadap pelanggan. Artinya apa? Artinya tim e commerce harus memahami apakah strategi marketing yang diterapkan pada sebuah bisnis atau toko online sudah berjalan sebagaimana mestinya, termasuk memantau perkembangan keseluruhan konten dan iklan. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab dalam menyusun strategi konten kedepannya agar traffic penjualan bisa dipertahankan atau ditingkatkan.

Memastikan Pelayanan Yang Baik Diberikan Untuk Pelanggan

Jika Anda bekerja di bagian tim e-commerce adalah memastikan pelayanan yang diberikan oleh bisnis atau toko Anda sudah maksimal. Kepuasan pelanggan merupakan komponen utama yang harus dipenuhi oleh semua bisnis, baik yang bergerak di bidang jasa maupun penjualan produk. Nah, ketika Anda bekerja di bidang e-commerce, maka Anda harus memastikan bahwa pelanggan atau calon pelanggan Anda sudah mendapatkan pelayanan terbaik. Dengan begitu perusahaan dapat mempertahankan kepercayaan customernya.

Turut Berpartisipasi dalam Penyusunan Strategi Promosi

Tugas yang tak kalah penting untuk Anda ketahui ketika Anda bekerja di e-commerce team adalah mungkin Anda akan turut berpartisipasi dalam penyusunan strategi promosi yang relevan dengan perkembangan terkini di dunia marketing. Walaupun, biasanya tugas ini dilakukan oleh level manager tim atau pimpinan, tidak ada salahnya jika Anda belajar mengusulkan ide Anda sendiri. Apalagi jika diminta. Sedangkan, jika Anda berada di level staff, maka tugas utama Anda adalah menjalankan ide-ide strategi promosi yang sudah ditetapkan managerial level atau bos Anda.

Memastikan Ketersediaan Barang yang Dijual Di E-Commerce

Jika Anda bekerja di bagian e commerce maka Anda juga perlu memantau stok barang atau ketersediaan produk. Jangan sampai produk habis sementara permintaan masih tinggi atau sebaliknya. 

Demikianlah beberapa job desc e commerce team yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda bekerja lebih maksimal. 

VIDEO: Job-Desc Team E-Commerce Di Perusahaan, Biasanya Ngapain?

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply