Cara Daftar & Membuat Iklan Facebook Ads CPAS Tokopedia

Tutorial Cara Daftar & Membuat Iklan Facebook Ads CPAS Tokopedia (Facebook Ads COLLABORATIVE ADS) —- Apa sih Facebook Ads CPAS itu? Facebook Ads CPAS adalah platform iklan / ads dari Facebook yang bisa menargetkan orang – orang yang telah tertarik pada produk kita di halaman Tokopedia kita. Ads / iklan kita nanti bisa muncul di facebook atau instagram.

Bagaimana sih, cara daftar membuat iklannya? Yuk kita pelajari di artikel tutorial kali ini. Pertama-tama, kita akan membas cara daftar Facebook Ads CPAS Tokopedia terlebih dahulu. Kemudian, kita akan membahas mengenai cara membuat iklan Facebook Ads CPAS Tokopedia.

Cara Daftar Facebook Ads CPAS Tokopedia

1. Log-in ke seller center Tokopedia toko online kita di seller.tokopedia.com. Klik >> Iklan dan Promosi >> Promosi dan Optimasi >> Facebook CPAS *dengan catatan, toko kita di Tokopedia sudah upgrade menjadi Official Store (OS)

2. Buat ad account (akun Facebook Ads) dalam Business Manager Facebook, khusus untuk Facebook CPAS Tokopedia (akun baru)

3. Di bagian Business Manager, pastikan kita adalah admin dari Business Manager dan Ads Managernya. Jika belum, kita bisa menambahkan diri kita sebagai pengelola dengan Full Control

4. Cari tahu Business ID dari Business Manager Facebook kita. Kita bisa pergi ke Business settings akun kita >> Business info >> Kita akan melihat Business Manager IDnya. Copy nomor IDnya.

5. Kembali ke Seller Center Tokopedia, ke bagian Facebook CPAS

6. Klik “Buat Katalog”

7. Masukkan Business Manager ID facebook kita tadi yang telah kita copy. Paste ke bagian ini.

8. Kembali ke Facebook, ke bagian Collaboration Centre atau ke link berikut ini (silakan copy). Ganti angka terakhir ini dengan Business Manager ID facebook kalian. Jika sudah berhasil ke halaman ini, pastikan di bagian “Shared assets” sudah ada catalogue yang tadi dibuat.

Kemudian, pastikan juga di bagian Ad accounts. Pastikan Ad account sudah terhubung dengan account yang tadi dibuat untuk Facebook Ads CPAS Tokopedia.

Nah, akun Facebook Ads CPAS Tokopedia telah berhasil dibuat. Selanjutnya, kita akan belajar cara membuat iklan Facebook Ads CPAS Tokopedia.

Cara Membuat Iklan Facebook Ads CPAS Tokopedia

Jadi, beginilah caranya.

1. Pastikan account ads kita di Facebook telah terhubung dengan Tokopedia. Pastikan semua konfigurasi yang dibutuhkan telah selesai.

2. Di bagian dashboard facebook business manager CPAS kita, klik “CREATE”

Cara Membuat Iklan Facebook Ads CPAS Tokopedia

3. Di bagian Collaborative Ads, pastikan kita sudah memilih PT Tokopedia

cara membuat facebook ads CPAS tokopedia

4. Pilih objective dari campaign yang ingin kita buat. Objective di facebook ads ialah tujuan yang ingin kita capai dalam beriklan

cara membuat facebook ads CPAS tokopedia

5. Jika sudah memilih objective dari iklan kita, klik “CONTINUE”

6. Di tahap pertama ini, pastinya kita akan membuat Ad Set. Berilah nama pada Ad Set yang ingin kita buat

tutorial membuat facebook ads CPAS tokopedia

7. Pilihlah set (kelompok) dari produk yang ingin kita iklankan.

tutorial membuat facebook ads CPAS tokopedia

8. Pilih lah Optimization for ad delivery kita, yang merupakan optimasi dari distribusi ads kita. Ada value, conversion events, dan link clicks. Pilih salah satu sesuai kebutuhan kita. Di tutorial ini, sebagai contoh kita memilih link clicks

9. Scroll ke bawah, dan di bagian ini kita bisa mengatur biaya iklan dan jadwal tayang nya iklan

tutorial membuat facebook ads CPAS tokopedia

10. Scroll ke bawah, dan di bagian ini kita bisa memilih target audience kita. Ada dua, di kiri dan kanan. Di kiri itu ialah untuk retargeting, atau penargetan kembali audience yang pernah berinteraksi / mengetahui bisnis kita (Use info from PT Tokopedia’s pixel or app to create a retargeting audience). Di kanan itu jika kita ingin menargetkan audience yang baru (Find prospective customers even if they haven’t interacted with your business).

Karena kita membuat iklan baru, maka kita memilih yang di bagian kanan

tutorial membuat facebook ads CPAS tokopedia

11. Scroll ke bawah, di bagian ini kita bisa menambahkan custom audience target kita, mulai dari lokasi tempat mereka tinggal, usia, jenis kelamin, interest / minat mereka, pekerjaan, dan lain – lain

tutorial membuat facebook ads CPAS tokopedia

12. Pilih bahasa

13. Atur placement (lokasi tayang) iklan kita, di bagian ini nantinya kita bisa mengatur iklan kita bisa tayang dimana. Apakah di feed, story, explore, dan lain – lain

14. Setelah kita sampai di pembuatan Ad, berilah nama pada Ad kita

cara membuat facebook ads cpas tokopedia

15. Hubungkan dengan account social media kita, facebook dan instagram

16. Tentukan bentuk creative yang ingin kita iklankan. Apakah single image (gambar tunggal), single video (video tunggal), carousel, atau collection (sekumpulan dari katalog produk)

17. Di bagian ini, kita bisa mengedit struktur iklan yang ingin kita buat. Mulai dari tampilan creative, primary text, headline, news feed link description, dan website URL (link website / produk kita).

cara membuat facebook ads cpas tokopedia

18. Buat deep link to website, deep link destination (tujuan akhir jika audience klik iklan kita, apakah ke browser, atau ke aplikasi Tokopedia), dan Mobile App.

tutorial membuat facebook ads tokopedia

19. Tentukan deep link for mobile dan call to action (apa itu call to action)

20. Kemudian publish. Iklan akan di-review dan masuk ke learning phase facebook untuk ditayangkan.

Itulah tutorial cara membuat iklan facebook ads CPAS Tokopedia. Jika teman – teman ingin belajar melalui video, bisa tonton video di bawah ini:

VIDEO:

Cara Daftar Facebook Ads CPAS Tokopedia

Cara Membuat Iklan Facebook Ads CPAS Tokopedia

BACA JUGA:

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply