Tips Membuat Landing Page Yang Powerful | by Thania K.

Cara Membuat Landing Page Yang Menarik
CONTOH PERTAMA: Layout Landing Page Yang Menarik

Tips Membuat Landing Page Yang Menarik dan Powerful Untuk Menarik Calon Pelanggan / Klien —- Hi temen – temen digital marketers! Kali ini, akan dibahas bagaimana tips membuat landing page yang powerful untuk menarik calon pelanggan atau calon klien bisnis kamu. Nah, apa sih landing page itu? Pastinya temen – temen sudah tahu bahwa landing page adalah sebuah tampilan website atau sebuah page pada website yang ingin ditampilkan kepada pengguna. Biasanya, landing page diperuntukkan untuk menarik pelanggan dan ditulis dengan copy writing yang sedemikian menarik. Tujuannya, agar bisa menarik keinginan pelanggan untuk membeli produk ny. [apa itu copy writing]

Nah, bisa dilihat pada gambar di atas adalah salah satu contoh layout landing page yang menarik. Contoh tersebut bisa kamu jadikan guideline dalam membuat landing page (silakan, boleh saja :p). Nah, sekarang kita kupas satu – satu penjelasan dari gambar tersebut ya.

Tips Membuat Landing Page Yang Menarik

Nah, ayo kita kupas satu – satu tips membuat landing page yang menarik sesuai dengan layout pada gambar di atas.

1. LAYOUT PERTAMA, yaitu berisi:

– Goal / tujuan dari penggunaan produk
– Bagaimana cara mencapai goal tersebut dengan keunggulan produk kita

Nah, di layout pertama, kalian bisa isi dengan kedua poin tersebut. Pada pembahasan kali ini, akan dicontohkan dengan menjual jasa sekolah digital marketing. Contoh:

“Tingkatkan omset hingga lebih dari 50% dengan copywriting yang benar. Belajar di sekolah digital marketing terbaik, free konsultasi di luar kelas”

2. LAYOUT KEDUA, yaitu berisi:

Cara mencapai goal tersebut dengan produk kita secara lebih mendetail

Di layout kedua, kalian bisa memberikan penjelasan turunan dari layout pertama dengan lebih mendetail lagi. Contoh:

“Sekolah digital marketing terbaik. Kelas oleh pengajar profesional yang berpengalaman, ada kelas online untuk kalian yang tak ada waktu, bimbingan ujian Google sampai lulus”, dan lain sebagainya

3. LAYOUT KETIGA, yaitu berisi:

Goal / tujuan / mimpi yang bisa diraih dengan produk kita, dijelaskan dengan lebih mendetail

Di layout ketiga, kalian bisa focus ke goal / tujuan / mimpi dari produk kalian. Contoh :

“Datangkan calon pelanggan dengan lebih banyak”, “tingkatkan omset bisnis melalui media digital”, “jangkau calon pelanggan sebanyak – banyaknya”, dan lain sebagainya

4. LAYOUT KEEMPAT, yaitu berisi:

Video marketing, bisa video yang berisi:

– Benefit
Company profile / info produk
– Review / testimoni produk

Di bagian ini, kalian bisa masukkan video – video yang isinya bisa berupa benefit dari produk mu, company profile / info produk / layanan bisnis kamu, atau bisa juga review / testimoni produk. Di bagian inilah, kesempatan kamu menunjukkan “eksistensi” dari produk / layanan bisnis kamu.

5. LAYOUT KELIMA, yaitu berisi:

Sebutkan mengenai false belief (jika dirasa perlu)

Jika memang dirasa perlu, kamu bisa memasukkan false belief di bagian layout ke – lima ini. Apa itu false belief? False belief adalah suatu kepercayaan / yang dipercayai oleh calon pelanggan / calon klien kamu tetapi salah, sehingga kamu harus mematahkannya. Contoh:

“Apa kamu yakin sudah ber – iklan di instagram dengan benar? Apa kamu ber – iklan langsung dari instagram? Cara tersebut salah. Cara ber – iklan yang benar ialah melalui Dashboard Facebook Business Manager. Pelajari cara yang benar sekarang!” <—– (yang sudah ber – iklan di instagram atau facebook pasti paham akan hal ini)

6. LAYOUT KEENAM, yaitu berisi:

Di bagian layout ke – enam ini, bisa diisi dengan sedikit foto – foto produk atau kegiatan bisnis kamu. Sekedar saran, taruh beberapa saja. Jangan terlalu banyak, karena jika terlalu banyak (biasanya) orang akan risih dan bosan melihatnya.

7. LAYOUT KETUJUH, yaitu berisi:

Testimoni, bisa berupa:

– Screenshoot
– Wawancara
– Video

Di bagian ini, kamu bisa memasukkan testimoni mengenai produk / bisnis mu. Testimoni bisa berupa screenshoot – screenshoot – an chat kepuasan pelanggan, wawancara dengan mereka, atau dalam bentuk video. Kamu bisa menggunakan bagian ini untuk meyakinkan calon pelanggan potensial kamu yang akan datang.

8. LAYOUT KE DELAPAN, yaitu berisi:

Profile singkat / CEO / owner / pendiri perusahaan (jika dirasa perlu)

Jika kamu rasa perlu, kamu bisa memasukkan profile singkat dari diri mu sebagai CEO, owner, pemilik, atau pendiri perusahaan. Ya tidak wajib juga sih, tidak apa – apa, hanya saja biasanya orang lebih “percaya” jika mereka “kenal” dengan sosok si pemilik perusahaan. Namun jika kamu tidak pede, malu, atau tidak ingin lebih “dikenal” oleh orang banyak, tidak usah juga tidak apa – apa, kok.

9. LAYOUT KE SEMBILAN, yaitu berisi:

Contact / alamat

Biasanya, ini ada di bagian yang paling bawah. Bagian ini bisa berupa layout khusus atau hanyalah sebuah footer (terserah, kami bisa pilih salah satunya mana yang cocok dengan selera kamu). Di bagian ini, cantumkan alamat atau contact kamu. Tunjukkan kalau kamu memang benar “nyata”. Dengan ini, kepercayaan pelanggan terhadap mu bisa meningkat.

Nahhh, itu adalah salah satu contoh tips membuat landing page yang powerful untuk mendatangkan calon pelanggan / klien potensial. Tadi itu contoh pertama, ada contoh lainnya lagi nih (bonus khusus untuk pembaca www.tk-digital.id :p). Ini dia contoh kedua nya:

CONTOH KEDUA: Layout Landing Page Yang Menarik

Nahhh, itu dia contoh kedua jika kamu butuh referensi lain dalam membuat layout landing page. Jadi, kamu tidak perlu bingung yah. TK Digital sudah berikan dua referensi untuk kamu. Kamu bisa gunakan dua referensi tersebut, atau kalau bisa, kamu modifikasi dengan jauuuh lebih bagus lagi sesuai versi diri mu :p.

Tentunya, dalam membuat landing page, kamu memerlukan kemampuan copy writing yang baik untuk memenuhi konten di setiap layout – layout pada landing page mu. Berikut ada tips copy writing yang oke dalam membuat landing page:

  • Kalau bisa, jangan buat tulisan copy writing yang terlalu panjang. Takutnya, orang bosan melihat dan malah menutup website mu
  • Jangan buat copy writing yang terlalu berlebihan, buatlah se – realistis mungkin
  • Pilih font tulisan yang eye catching dan cocok dengan website mu. Jangan terlalu over atau malah memilih font yang menyakitkan mata

Nahhh, itu dia tips nya. Semoga kamu bisa menerapkannya dan terus belajar yah. Semangat :D. Kamu juga bisa belajar hal – hal ini di website TK Digital loh, silakan klik:

*Cara Membuat Iklan Video di Youtube Ads

*Cara Membuat Iklan di Google Ads & Bagaimana Tips Untuk Meng – optimasinya

*Cara Membuat Iklan di Instagram Ads Untuk Pemula

*Cara Membuat Iklan di Instagram Ads dan Facebook Ads Untuk Level Menengah

*Jenis – Jenis Keyword yang Ada Pada Google Ads

*Tutorial SEO (Search Engine Optimization) Untuk Pemula Dengan Website Berbasis WordPress

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply