Belajar Laporan Laba Rugi di Laporan Keuangan

(Laporan Laba Rugi – Written by Thania Kusmalinda & Salsabila Pratiwi Rimawan) | Dalam dunia keuangan, pemahaman yang kuat tentang Laporan Laba Rugi (income statement) adalah kunci untuk mengambil keputusan yang cerdas dan strategis. Laporan Laba Rugi, yang juga dikenal sebagai Laporan Pendapatan dan Pengeluaran adalah salah satu elemen inti dari Laporan Keuangan suatu perusahaan. Melalui laporan ini, kita dapat melihat performa keuangan perusahaan dalam periode tertentu, dari pendapatan hingga biaya operasional.

Perhitungan dasar Laporan Laba Rugi yang akan dijabarkan yaitu bagaimana cara menghitung laba rugi, menghitung laba rugi sebelum pajak, menghitung laba bersih, menghitung laba kotor hingga laba operasional. Secara singkat, Laporan laba rugi memberi gambaran kinerja keuangan perusahaan.

Beberapa Cara Menghitung Laporan Laba Rugi

  • Laba Rugi
    Pendapatan Penjualan – Biaya
  • Laba Rugi Sebelum Pajak
    Laba Operasional – Biaya Bunga
  • Menghitung Laba Bersih
    Laba Sebelum Pajak – Biaya Pajak
  • Menghitung Laba Kotor
    Pendapatan Penjualan Bersih – HPP (Harga Pokok Penjualan)
  • Menghitung Laba Operasional
    Laba Kotor – Biaya Operasional

Contoh Perhitungan Laporan Laba Rugi Pada UKM Perusahaan Jasa:

Contoh Laporan Laba Rugi Pada UKM Perusahaan Jasa

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Besar, tbk:

Laporan Laba Rugi Pada Perusahaan Besar, tbk

Laporan Laba Rugi memberikan gambaran menyeluruh tentang kinerja keuangan perusahaan. Dengan memahami struktur dan komponen dari laporan ini, Anda dapat menggali wawasan yang mendalam tentang bagaimana perusahaan menghasilkan laba dan mengelola pengeluaran. Dengan mengidentifikasi lebih jauh mengenai pendapatan, biaya, dan laba, Anda juga dapat mengevaluasi kinerja perusahaan dan membuat keputusan yang lebih tepat.

Semakin dalam pemahaman kita tentang laporan ini, semakin besar pula kemampuan kita untuk mengambil langkah-langkah yang bijaksana dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis.

VIDEO BELAJAR:

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply