You are currently viewing Jenis Distribusi, Strategi Distribusi, Teknik Menentukan Distribusi Produk

Jenis Distribusi, Strategi Distribusi, Teknik Menentukan Distribusi Produk

Jenis Distribusi Strategi Distribusi Teknik Menentukan Distribusi Produk

Jenis-Jenis Distribusi, Strategi Distribusi, dan Teknik Menentukan Distribusi Suatu Produk yang ingin kamu gunakan — Hi all! Kali ini, akan di-sharing-kan mengenai jenis – jenis distribusi suatu produk, strategi distribusi, dan teknik – teknik menentukan distribusi suatu produk yang ingin kamu gunakan. Yuk, kita pelajari dengan lebih dalam pada artikel berikut.

Jenis-Jenis Distribusi

Inilah jenis – jenis distribusi yang perlu kamu ketahui.

1. DISTRIBUSI LANGSUNG

Distribusi langsung ialah dimana produsen menyalurkan produknya langsung kepada konsumen.

2. DISTRIBUSI SEMI LANGSUNG

Distribusi semi langsung ialah dimana produsen menyalurkan produknya ke konsumen melalui perantara milik si produsen itu sendiri (seperti toko si produsen, misalnya).

3. DISTRIBUSI TIDAK LANGSUNG

Distribusi tidak langsung ialah dimana produsen menyalurkan produknya ke konsumen secara tidak langsung, tetapi melalui perantara.

*Jalurnya bisa menjadi:

– dari produsen ke konsumen

– dari produsen, ke pengecer, lalu ke konsumen

– dari produsen, ke pedagang besar, ke pengecer, lalu ke konsumen

– dari produsen, ke agen, ke pengecer, lalu ke konsumen

Strategi Distribusi

Ada berbagai strategi distribusi yang perlu kamu ketahui. Apa sajakah itu? Yuk, kita simak penjelasan berikut.

1. DISTRIBUSI YANG INTENSIF

Distribusi intensif ialah dimana perusahaan memasukkan sebanyak mungkin produk ke ritel. Contohnya, minuman ringan yang memasukkan produk sebanyak – banyak nya ke sebuah toko.

2. DISTRIBUSI YANG SELEKTIF

Jenis distribusi selektif ini sama dengan distribusi intensif, hanya saja produsen bisa memilih siapa saja yang bisa / boleh menjual produk mereka. Sehingga tidak semua distributor bisa menjual produk mereka.

3. DISTRIBUSI EKSKLUSIF

Jenis distribusi eksklusif ini ialah dimana produsen dalam proses distribusinya tidak boleh menjual / mengedarkan produk secara menyeluruh. Biasanya, hal ini terjadi karena produk yang dikeluarkan memiliki kualitas yang tinggi dengan kuantitas tertentu. Jumlah konsumennya juga biasanya adalah hanya konsumen – konsumen tertentu, sehingga strategi distribusi ini disebut dengan distribusi eksklusif.

4. WARALABA

Pada jenis distribusi waralaba ini, waralaba adalah sebuah sistem distribusi barang kepada konsumen akhir. Pada dasarnya, tujuan dari strategi ini ialah ‘perluasan wilayah’ ke area – area tertentu dengan memperbolehkan pihak lain menjual produknya.

TEKNIK MENENTUKAN DISTRIBUSI | TENTUKAN JENIS & STRATEGINYA

Ini ialah teknik – teknik yang bisa kamu gunakan dalam menentukan jenis distribusi & strategi distribusi yang ingin kamu gunakan. Kamu harus terlebih dahulu memahami:

  • Dimana konsumen bisa menemukan produkmu?
  • Jenis toko apa yang dikunjungi konsumen mu?
  • Jenis jalur distribusi apa yang ingin kamu gunakan? Dengan yang sudah ada, atau membuatnya sendiri? Dan, bagaimana akses nya?
  • Bagaimana kamu membedakan distribusi mu dengan pesaing / kompetitor?
  • Bagaimana human resource yang kamu perlukan?

Yup, itulah artikel mengenai distribusi suatu produk yang terdiri dari jenis distribusi, strategi distribusi, dan teknik menentukan distribusi suatu produk.

Belajar Juga…

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply