Ini Fungsi Tags Untuk SEO Pada WordPress / Website

Apa Fungsi Tags Untuk SEO Pada WordPress / Website? (Written by Thania Kusmalinda & Ariya Eka Alel) – Pernah mendengar istilah konten yang SEO-friendly? Ya, ini merupakan salah satu strategi yang sering digunakan untuk memaksimalkan performa konten/artikel di halaman pencarian, terutama Google. Adapun fitur dan tool yang bisa digunakan untuk memaksimalkan performa konten ini, khususnya di situs WordPress adalah tags (namun, bisa ada juga pada jenis website/CMS lainnya). Apa itu tags? WordPress tags (atau pada website lain) merupakan “fitur” yang digunakan untuk mengelompokkan postingan berdasarkan kesamaannya. Biasanya tags diletakkan di bagian akhir post atau pada sidebar. Apa tujuannya? Yaitu agar ketika pengunjung WordPress / website mengklik tags, pengunjung akan diarahkan ke halaman yang mengindekskan semua post dan custom post dengan tags yang sama.

Fungsi Tags Untuk SEO Pada WordPress / Website

Walaupun terlihat sepele tags memiliki peranan yang penting dan mengorganisir konten blog atau website, bahkan tool ini berdampak signifikan pada pengalaman pengguna (user experience) dan juga kualitas SEO. Lalu, apa saja fungsi tags pada WordPress? Simak poin-poin di bawah ini untuk mengetahuinya:

1. Untuk Mengelompokkan Topik Menjadi Lebih Spesifik

Fungsi tags yang pertama adalah untuk mengelompokkan topik agar menjadi lebih spesifik. Tags tidak sama dengan kategori. Kategori biasanya digunakan untuk mengelompokkan topik secara umum, sedangkan tags digunakan untuk mengelompokkan topik menjadi lebih spesifik sehingga Google bisa lebih mengenal topik yang kita tulis. Kategori biasanya bersifat wajib, sedangkan tags bersifat opsional. Meski demikian, penggunaan tags menjadi sebuah keharusan jika kamu menginginkan konten yang SEO-friendly.

2. Fungsi Tags Untuk SEO Dapat Memudahkan Injeksi

Fungsi kedua dari tags adalah untuk memudahkan injeksi karena Google sudah lebih kenal dengan topik-topik apa saja yang kita buat/tulis di website.

3. Mengelompokkan Artikel Dalam Jumlah Banyak

Fungsi selanjutnya dari tags adalah untuk mengelompokkan artikel-artikel yang spesifik dalam jumlah yang banyak.

4. Dapat Membantu Meningkatkan Ranking SEO

Adapun fungsi utama penggunaan tags pada artikel WordPress / website adalah untuk membantu meningkatkan ranking SEO di laman pencarian Google. Apakah sudah pasti berhasil? BELUM TENTU, namun hal ini dapat membantu dan meningkatkan potensi kenaikan ranking di halaman pencarian Google. Dengan memberikan tags pada konten, pembaca akan lebih mudah menemukan artikel atau konten kamu dengan topik yang sama. Semakin mudah pengguna menemukan konten dengan topik yang sama, maka konten-konten yang kita miliki akan semakin terbaca SEO-friendly.

Itu dia beberapa fungsi dari tags.

Belajar digital marketing:
www.thaniakhoedigital.com/blog

VIDEO: Fungsi Tags Pada WordPress / Website

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply