8 Langkah Cara Menulis Artikel SEO Friendly | TK Digital

Cara Menulis Artikel SEO Friendly
Sumber Ilustrasi Gambar: seo.com

Cara Menulis Artikel SEO Friendly Dalam Delapan Langkah —- Hi all digital marketers! Bagi yang sudah cukup berkecimpung dalam digital marketing / pemasaran digital, pasti sudah familiar dengan apa itu SEO (Search Engine Optimization) [ketahui pengertian lengkap tentang Search Engine Optimization di sini]. Secara singkat, SEO adalah teknik menaikkan ranking website mu ke halaman atas Google, agar saat ada orang mencari sesuatu yang berhubungan dengan website mu, website mu lah yang akan ditemukan. Salah satu caranya, kamu bisa menggunakan penulisan artikel. Tentunya, artikel yang kamu tulis harus SEO friendly, yaitu memiliki SEO yang ‘mudah’ naik ke halaman atas Google. Tentunya, faktor keberhasilan SEO tidak hanya dari ini saja ya, ada banyak faktor lainnya seperti tingginya kompetisi keyword, struktur website para kompetitor, dan lan – lain. Aku sudah disclaimer dari awal loh, hehe :D. Nah, lalu bagaimana sih cara menulis artikel SEO friendly? Yuk, simak caranya berikut ini.

Panduan Menulis Artikel yang SEO Friendly Untuk Website / Blog

“Bekerja keras dan tidak efektif itu melelahkan lahir dan bathin. Hobi positif yang ditekuni menghasilkan rezeki dan kebahagiaan.” – Toba Beta

Pahamkah dengan makna quote tersebut? Tentunya, menulis artikel SEO itu harus dengan kerja keras dan tentu kamu harus menyukainya. Karena, kamu akan lebih enjoy dalam melakukannya. Yuk, sekarang langsung saja kita masuk ke cara menulis artikel SEO friendly dalam delapan langkah untuk website atau blog kamu. Apa saja sih, 8 langkah tersebut? Nah sebelum masuk ke 8 langkah tersebut, pastikan kamu memahami tips menulis konten artikel SEO terlebih dahulu.

Tips Menulis Konten Pada Artikel SEO

  • Semakin detail, panjang, dan berkualitas, akan semakin baik SEO mu
  • Masukkan gambar atau video (bisa di upload, bisa juga di embed dari youtube / media lain)
  • Letakkan keyword di bagian awal, tengah, dan akhir paragraf
  • Gunakan hyper link dan bold format pada keyword
  • Masukkan link pada info – info yang tidak umum

Nah, yuk sekarang pelajari 8 Langkah Menulis Artikel yang SEO Friendly

8 Langkah tersebut terdiri dari struktur penulisan artikel yang harus kamu perhatikan

Apa saja sih, struktur – struktur tersebut? Dalam menulis artikel agar menjadi SEO friendly, kamu harus menyusun ke-delapan struktur ini dengan sebaik – baiknya:

1. URL / LINK
2. HEADING 1
3. IMAGE / GAMBAR
4. BODY / PARAGRAPH
5. HEADING 2 (SUB HEADING)
6. QUOTE
>> HEADING 2 (SUB HEADING)
>> BODY / PARAGRAPH / CONTENT
7. HEADING 3 (SUB HEADING)
>> CONTENT (JIKA DIPERLUKAN)
8. READ FURTHER UNTUK MEMANCING ORANG MEMBACA ARTIKEL LAIN LEBIH JAUH

Nah, sudah paham dengan struktur berikut? Sekarang, akan dijelaskan detail dari penulisan urutan struktur – struktur berikut.

Panduan Menyusun Struktur Artikel yang SEO Friendly

Inilah penjelasan lebih lanjut tentang penulisan struktur berikut.

1. URL / LINK
Url / link artikel yang kamu buat harus singkat. Beberapa sumber mengatakan bahwa, semakin singkat suatu link, semakin suka algoritma Google terhadap link mu dan semakin menjadikan link mu SEO friendly (katanya). Selain itu, url / link tersebut harus kamu tulis dengan huruf kecil semua. Juga, memiliki makna yang mudah dipahami saat dibaca (user friendly). Kamu juga harus menggunakan tanda sambung untuk memisahkan setiap kata. Disarankan untuk menggunakan tanda “-“.

2. HEADING 1
Nah, heading 1 ini adalah tulisan kalimat yang akan menjadi judul pada artikel kamu. Judul ini harus tulisan yang mampu ‘mengundang’ orang untuk membaca artikel mu. Bisa mengandung kata – kata seperti “Bagaimana”, “Mengapa”, “Kenapa”, “Apa”, “Cara”, dan lain sebagainya agar orang penasaran ingin membaca. Bisa juga ditambahkan dengan angka, misalnya “4 Tips Ampuh Belajar Digital Marketing”. Heading 1 ini harus menjelaskan keseluruhan isi topik dari artikel kamu.

3. IMAGE / GAMBAR
Nah, ada teknik khusus dalam meng – upload gambar. Sebelum upload, pertama – tama kamu rename terlebih dahulu dengan keyword mu sebelum di upload. Misal, kamu membuat artikel dengan keyword “Belajar Digital Marketing”. Maka, rename nama file gambar mu dengan ‘belajar digital marketing’ sebelum diupload ke website. Kemudian setelah di upload, berilah alt tag yang sesuai dengan artikel mu. Gambar itu juga harus memiliki nama yang mudah dibaca. Juga, gambar tersebut jangan di upload dengan size / ukuran yang terlalu besar agar tidak lemot saat loading.

4. BODY / PARAGRAPH
Nah, inilah kunci dari penjelasan isi artikel mu. Konten ini harus cukup panjang, deskriptif, dan jelas saat menyajikan topik bagi pembaca. Dalam bagian konten ini, disarankan menargetkan satu keyword utama. Akan lebih mudah bersaing lagi jika kamu menargetkan keyword dengan pencarian yang tinggi, namun dengan tingkat kompetisi rendah / tidak terlalu tinggi. Kamu juga bisa menargetkan 5 sampai 10 keyword tambahan. Yaaa, sepintar – pintar nya kamu dalam mencari sinonim keyword mu lah. Kamu juga bisa mencari sinonim kata dari keyword mu lebih mudah dengan bantuan www.sinonimkata.com. Jika konten mu cukup panjang, kamu bisa melengkapinya dengan listing atau numbering (penomoran) pada bagian – bagian setiap penjelasan konten. Pada bagian ini, artikel juga disarankan tidak memiliki kalimat yang terlalu panjang.

5. HEADING 2 (SUB HEADING)
Bagian ini haruslah menjawab pertanyaan – pertanyaan pembaca / solusi pemecahan dari masalah yang dialami pembaca. Topik pada bagian ini juga harus dijelaskan dalam paragraf.

6. QUOTE
Setelah bagian heading 2 (sub heading), kamu bisa menuliskan quote yang sesuai dengan topik artikel mu. Quote inibisa kamu beri tanda yang berbeda seperti huruf yang lebih tebal, atau font yang berbeda.

BODY / PARAGRAPH / CONTENT
Di bagian ini, kamu bisa menjelaskan topik yang ingin kamu jelaskan lebih lanjut. Penulisan ini memiliki ‘saran’ yang sama penulisannya dengan pembahasan pada point 4 tadi.

HEADING 2 (SUB HEADING)
Kemudian, kamu bisa menulis heading 2 (sub heading) lagi dengan topik yang lebih dalam.

BODY / PARAGRAPH / CONTENT
Kamu bisa lanjut dengan menulis konten paragraf dengan lebih dalam.

7. HEADING 3 (SUB HEADING)
Kamu bisa membuat heading 3 (sub heading) lanjutan jika kamu masih memiliki penjelasan dengan lebih mendetail lagi mengenai topik yang dibahas dalam artikel mu. Tentunya, isi dari heading 3 (sub heading) ini sudah benar – benar dalam saat membahas apa yang menjadi topik mu.

BODY / PARAGRAPH / CONTENT
Kamu bisa lanjut dengan menulis konten paragraf dengan lebih dalam sesuai dengan judul yang kamu buat pada heading 3 (sub heading).

8. READ FURTHER UNTUK MEMANCING ORANG MEMBACA ARTIKEL LAIN LEBIH JAUH
Di point ke delapan ini, kamu juga bisa membuat semacam tulisan ‘Read Further’ yang memancing orang untuk membaca lebih jauh artikel mu yang lain. Contohnya, ‘Baca Juga Artikel Mengenai Cara Membuat Iklan Instagram Ads’, atau ‘Baca Juga Artikel Mengenai Cara Membuat Konten Yang Menarik’, dan lain sebagainya. Kamu bisa memberi link yang mengarah pada link artikel mu yang lain tersebut. Tulisan semacam ‘Read Further’ tersebut disarankan mengarah kepada beberapa kelompok topik.

Nah, itu dia artikel mengenai cara membuat artikel SEO friendly. Tentunya, menulis artikel yang SEO friendly dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Mulai dari menentukan topik, riset keyword, sampai mengatur penulisan artikelnya agar cukup friendly saat dibaca mesin search engine. Tapi ingat yaaah, sudah di disclaimer di awal tadi kalau faktor keberhasilan SEO tidak hanya dari ini saja, ada banyak faktor lainnya seperti tingginya kompetisi keyword, struktur website para kompetitor, dan lan – lain. Apapun itu, kalau kamu teliti dan mengamati kompetitor – kompetitor mu di dunia digital / search engine dengan baik, tidak ada yang tidak mungkin untuk mengungguli mereka.

*Baca Juga: Cara Mengecek Performa Website Kamu

*Baca Juga: Cara Memeriksa Konten Website Duplikat

*Baca Juga: Cara Mengecek Struktur Data Website Untuk Optimasi SEO

*Baca Juga: Tools – Tools Advanced Untuk Optimasi SEO

Thania Kusmalinda

Marketing, finance, & technology ● 加油 ● Email: thania@thaniakhoedigital.com / thania.khoe@gmail.com

Leave a Reply